Tips dan Artikel

 
Nov

14

2018

3 Cara Mencegah Tikus Masuk Rumah

2018-11-14 00:00:00 Diterbitkan oleh: Nas Zakaria



Tikus di dalam rumah adalah menjadi musuh terbesar. Tikus di dalam rumah juga sangat berbahaya dan dia bisa memakan semua makanan yang ada di meja makan atau di dapur. Tikus juga bisa menggerogoti furnitur Anda loh misalnya: Sofa, Tempat tidur, dan furnitur lainnya. Mencegah tikus masuk umah sangatlah penting, Karena bau kotoran tikus tidak baik untuk kesehatan Anda dan keluarga. Cara mencegah tikus memang tidak mudah Anda perlu memasang jebakan-jebakan kecil seperti: Menaruh  makanan ke dalam botol yang sudah dipasang jebakan sehingga tikus dapat terjebak dan tidak bisa keluar lagi atau Anda bisa menaruh lem tikus di atas kardus.

Cara mencegah tikus masuk rumah juga bisa Anda lakukan sendiri. Anda perlu mengecek lobang-lobang di dalam rumah. Jangan sampai ada banyak lobang di dalam rumah, Karena itu mempermudah tikus masuk dan keluar ke dalam rumah. Selain lobang di rumah Anda juga perlu perhatikan di atap rumah. Biasanya tikus menyukai temat yang gelap dan tidak dapat dilihat oleh manusia. Dan juga Anda tidak boleh membuang atau menaruh makanan di sembarang tempat. Karena jika tikus yang masih berkeliaran di dalam rumah, Dia akan mengacak-ngacak makanan tersebut.

Berikut Cara Mencegah Tikus Masuk Rumah:

1. Jaga kebersihan rumah

Tikus sangat menyukai tempat kotor, lorong kecil, tumpukan barang, dan semacamnya. Jaga kebersihan rumah dan pastikan tidak ada bagian rumah yang kotor. Jangan ada tumpukan barang yang langsung ke lantai di dalam rumah, biasanya di area gudang. Kalau harus menyimpan barang di gudang, gunakanlah rak-rak yang rapi dan lega.

2. Tutup jalan tikus

Apabila di rumah terdapat lorong kecil, sebaiknya tutup lorong tersebut. Juga tutup sarangnya. Umumnya tikus bersarang di lubang tanah yang gembur di area taman rumah. Biasanya hewan pengerat ini memanfaatkan bagian sisi pojok taman. Lakukanlah pemadatan tanah, atau tambahkan batu kerikil pada lubang tersebut. Anda bisa juga menutup lubang tersebut dengan pot tanaman dan lainnya.



3. Putuskan mata rantai makanannya

Tikus datang ke rumah hanya untuk mencari makan. Maka dari itu janganlah menyimpan makanan di tempat terbuka atau mudah dijangkau tikus. Simpanlah makanan di tempat yang tertutup rapat dan kuat semisal lemari yang terbuat dari bahan metal, agar tikus tak bisa melubangi tempat itu. Buanglah semua sisa makanan segera mungkin tapi jangan membiarkan juga menumpuk di tempat sampah.

♣ Tips dan Artikel Lainnya

------

Mencari pembantu dan baby sitter? Klik saja Pembantu.com.