Tips dan Artikel

 
Jan

03

2020

10 Aplikasi Perawat Lansia di Android

2020-01-03 03:43:54 Diterbitkan oleh: Nas Zakaria
Inilah 10 aplikasi perawat lansia di Android yang saat ini tersedia di Indonesia. Dilihat dari jumlah penggunanya, ada yang sudah populer dan ada juga yang belum namun semuanya sudah bisa digunakan. Secara umum, layanan mereka berupa portal yakni mempertemukan pasien dengan para perawat. Perawat yang terdaftar sudah diverifikasi oleh aplikator untuk kenyamanan pengguna.

Berikut kami sajikan 10 aplikasi perawat lansia di Android untuk dipertimbangkan bila Anda mencari bantuan cepat untuk merawat orangtua atau anggota keluarga lainnya.



1. Bandung Home Care dari Pradana Kreasindo (Slamet Ginanjar). Ukuran file 12 MB.

Aplikasi ini melayani pasien pasca stroke, pasca operasi, dan lain sebagainya. Bandung Home Care juga melayani perawatan perawat lansia di rumah. Selain itu, bisnis ini juga menawarkan fisioterapis berpengalaman untuk layanan terapi fisio. Juga tersedia perawatan khusus bagi ibu dan bayi.

Sesuai namanya, aplikasi ini melayani permintaan di Bandung saja. Nama domain bandunghomecare.com yang diasosiakan dengan aplikasi ini tercatat atas nama Slamet Ginanjar di Bandung.

Diluncurkan pada 13 Agustus 2019 dan sudah didownload lebih 50 kali, Bandung Home Care mendapat rating 4,6 (dalam skala 5) berdasarkan 11 ulasan.

2. Go Care Pasien dari Insan Medika Sejahtera (penyedia tidak dikenal). Ukuran file 8 MB.

Aplikasi ini merupakan layanan perawatan di rumah (homecare) yang mencakup pendampingan lansia oleh suster. Produk yang ditawarkan terdiri dari tiga kategori, yaitu:
- perawatan umum;
- perawatan lansia; dan
- perawatan pasien berkebutuhan khusus.

Diluncurkan pada 4 September 2018 dan sudah didownload lebih 100 kali, Go Care Pasien belum mendapat rating dari penggunanya.

3. Homecare24 dari PT Homecareindo Global Medika. Ukuran file 7 MB.

Aplikasi ini menyediakan perawat lansia dan terapis lainnya. Tenaga yang ditawarkan mencakup perawat homecare, perawat lansia, suster jaga di rumah sakit, baby sitter, dan perawat visit. Juga tersedia alat kesehatan untuk disewa. Saat ini, Homecare24 melayani Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Bekasi (Jabodetabek).

Diluncurkan pada 21 November 2018 dan didownload lebih 1.000 kali, Homecare24 mendapat rating 4,4 berdasarkan 29 ulasan.

4. Homecare Online dari Homecare Online (penyedia tidak dikenal). Ukuran file 3 MB.

Aplikasi ini menyediakan layanan perawat (termasuk perawat lansia) dan bidan panggilan. Jenis layanannya terdiri dari:

- injeksi insulin;
- melepas cateter/selang urine;
- memasang cateter/selang urine;
- merawat lansia;
- merawat stroke;
- mobilisasi pasien stroke;
- nebulizer/terapi uap;
- paket khitan modern;
- paket khitan tradisional; dan
- paket tes gula darah, kolesterol dan asam urat.

Daftar harga pun bersaing. Sebagai contoh, tarif merawat lansia hanya Rp 75.000 per 12 jam. Terjangkau bukan?

Diluncurkan pada 4 Juni 2017 dan sudah didownload lebih 1.000 kali, Homecare Online mendapat rating 4,3 berdasarkan 31 ulasan.

5. LoveCare dari PT Hati Anak Bangsa. Ukuran file 20 MB.

Aplikasi ini menyediakan layanan booking jasa perawat (termasuk perawat lansia) untuk bekerja di rumah Anda. Mereka datang untuk memenuhi kebutuhan pasien yang mencakup higenitas (kebersihan, mandi, cuci, dll.), pengawasan di toilet, pendampingan saat makan dan minum obat, monitoring malam, latihan (exercise), pendampingan rutin, bantuan rawat jalan, dan medical checkup. Selain perawat, juga tersedia fisioterapi berijazah.

Belum diketahui apakah PT Hati Anak Bangsa merekrut perawat independen (mitra) dan berfungsi sebagai portal saja, atau memakai karyawan perusahaan untuk melayani pelanggannya. 

Diluncurkan pada 26 Desember 2019 dan sudah didownload lebih 500 kali, LoveCare belum mendapat rating dari penggunanya. Pada saat artikel ini ditulis, aplikasi ini berstatus dalam pengembangan.

6. Medi-Call dari PT Medika Nusantara Gumilang. Ukuran file 13 MB.

Aplikasi ini adalah portal yang menghubungkan caregiver dengan pelanggan. Medi-Call menawarkan layanan perawat ke rumah, baik untuk pasien yang sakit (medis) atau yang sehat (lansia). Anda bisa mencari perawat terdekat lokasinya dengan Anda lewat aplikasi ini.

Selengkapnya, ada 6 jenis layanan kesehatan yang ditawarkannya:
1. emergency call;
2. kunjungan dokter;
3. perawat dan suster;
4. farmasi;
5. alat-alat kesehatan; dan
6. laboratorium klinis.

Diluncurkan pada 17 Februari 2017 dan sudah didownload lebih 10.000 kali, Medi-Call mendapat rating 4,5 berdasarkan 233 ulasan.

7. MHomeCare dari Master Solusi Indonesia (penyedia tidak dikenal). Ukuran file 11 MB.

Aplikasi ini berfungsi sebagai portal yang menghubungkan pasien dengan perawat yang menyediakan perawatan medis dan non-medis, termasuk untuk lansia. Waktu akan memesan, Anda ditawarkan pilihan perawat yang berisi nama, jarak yang bersangkutan dari tempat Anda, rating, dan tarifnya. Anda bisa langsung memilih dan memesan salah satu perawat yang tersedia itu secara online. Pada akhir penugasan, Anda juga bisa memberikan rating dan ulasan terhadap mereka.

Diluncurkan pada 5 Oktober 2017 dan sudah didownload lebih 1.000 kali, MHomeCare mendapat rating 4,8 berdasarkan 126 ulasan. Kami menelusuri website aplikasi ini (mhomecare.co.id) untuk mencari tahu identitas penyedia aplikasi ini, tapi situs tersebut tidak memuat data pemilik.

8. Perawat.Id dari Perawat Indonesia (penyedia tidak dikenal). Ukuran file 25 MB.

Perawat.Id menawarkan perawatan luka, layanan pendamping lansia, layanan pasien stroke, dan pendampingan pesien rawat inap. Perawatan luka mencakup luka ringan, sedang, dan berat. Aplikasi ini bermarkas di Makassar.

Diluncurkan pada 25 Maret 2019 dan sudah didownload lebih 100 kali, Perawat.Id belum mendapat rating dari penggunanya.

9. PhysioCall24 dari Physio Network (penyedia tidak dikenal). Ukuran file 4 MB.

Aplikasi ini menyediakan fisioterapis panggilan lewat platform dengan nama lengkap Homecare Fisiterapi Online - PhysioCall24 di Android. Misi utamanya adalah menghubungkan pasien dengan terapis. Pasien bebas memilih terapis yang dia suka, dan terapis akan mengunjunginya sesuai jadwal yang diinginkan. Aplikasi ini memiliki fitur mencari terapis terdekat lokasi Anda, jadi lebih memudahkan pelayanan bagi kedua pihak.

Terapis terdatar adalah mereka yang berpendidikan resmi fisioterapi dan memiliki ijazah fisioterapi minimal D3 fisioterapi. Mereka sudah berpengalaman, terdaftar resmi sebagai fisioterapis, dan memiliki ijin praktek fisioterapi.

Diluncurkan pada 13 Oktober 2019 dan sudah didownload lebih 100 kali, Homecare Fisioterapi Online - PhysioCall24 mendapat rating 4,5 berdasarkan 17 ulasan.

10. Vtal dari Aplikasih (penyedia tidak dikenal). Ukuran file 34 MB.

Aplikasi ini melayani pemesanan perawat dan konsultasi online. Fitur yang disediakan mencakup:

- konsultasi online;
- perawat homecare/home visit;
- booking layanan laboratorium;
- rekam medis;
- artikel kesehatan; dan
- tombol darurat.

Sebagai contoh, tombol darurat membantu pasien untuk memberi tahu keluarga atau kerabat apabila berada dalam keadaan bahaya.

Diluncurkan pada 6 April 2018 dan sudah didownload lebih 1.000 kali, Vtal mendapat rating 4,8 berdasarkan 33 ulasan.

Itulah 10 aplikasi perawat lansia di Android untuk pengguna di Indonesia, diurutkan sesuai alfabet awal nama.

------

Mencari perawat lansia tinggal dalam, aman dan tanpa perlu download aplikasi? Klik di sini.

♣ Keamanan Prioritas Kami