Tips dan Artikel

 
Feb

14

2018

Direct Hiring untuk Majikan di Malaysia

2018-02-14 08:39:09 Diterbitkan oleh: Nas Zakaria


Direct hiring adalah sebuah peluang baru di Malaysia yang disambut dengan gembira. Sejak 1 Januari 2018, pemerintah Malaysia tidak lagi mengharuskan warganya merekrut pembantu rumah asing via agen resmi di Malaysia. Ada sembilan negara sumber yang diikutkan dalam program baru ini. Salah satu negara itu adalah Indonesia.

Dengan demikian, biaya perekrutan diharapkan dapat ditekan karena majikan bisa langsung menghubungi agen atau bahkan pekerja di Indonesia atau negara-negara lain untuk membuat perjanjian kerja.

Pemerintah Malaysia selanjutnya membuka jalur aplikasi visa online untuk majikan yang ingin merekrut pekerja rumah asing.

Layanan kami

Kami tidak dapat menyediakan layanan "direct hiring" untuk membantu Anda menemukan pembantu rumah asal Indonesia karena proses perekrutan tersebut masih belum sejalan dengan aturan di Indonesia.

Direct hiring versus aturan Indonesia

Perlu kami jelaskan bahwa "direct hiring" tidak sesuai dengan aturan di Indonesia. Perusahaan Indonesia diwajibkan menggunakan fasilitas agency lokal di negara tujuan sebagai salah syarat dalam penempatan pekerja mereka di luar negeri. Aturan ini termuat dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 5 Tahun 2013. Pasal 2 PP tersebut mengatur bahwa PPTKIS (pelaksana penempatan tenaga kerja Indonesia swasta) yang menempatkan pekerja pada pengguna perseorangan di luar negeri harus bermitra dengan agency resmi di negara tujuan. Aturan ini bertujuan tidak lain untuk melindungi warga negara Indonesia.

Langkah berikutnya

Kami sarankan Anda memesan pembantu rumah di salah satu agency lokal di Malaysia agar proses perekrutan legal menurut kedua negara.

------

Banyak stok pembantu dan baby sitter yang bisa dipilih di Pembantu.com.

♣ 5 Alasan Memakai Pembantu.com