Tips dan Artikel

 
May

28

2019

InstantReplace™ - Tanya Jawab Penyalur

2019-05-28 00:00:00 Diterbitkan oleh: Nas Zakaria

InstantReplaceBerikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan penyalur tentang InstantReplace™ (IR). Artikel ini bukan untuk majikan (artikel majikan klik di sini.)

1. Apa itu IR?

IR adalah layanan yang membantu majikan mengambil pekerja pengganti dari penyalur lain setelah mengembalikan pekerja Anda dalam masa garansi. Hanya pelanggan Pembantu.com (member dan pemesan online) yang bisa menikmati IR. Selain itu, syarat utama IR adalah pekerja sudah dikembalikan ke penyalur (bukan minggat, pulang kampung, dan lain-lain.) Untuk keterangan lengkap tentang produk dan syarat-syaratnya, klik di sini.

3. Mengapa IR diberlakukan? Apa faedahnya?

IR diberlakukan sebagai solusi atas banyaknya keluhan majikan tentang keterlambatan penggantian pekerja dalam masa garansi.

Faedah IR adalah menjaga kepuasan pelanggan. Solusi ini mendorong penyalur untuk menangani permintaan penggantian secepatnya (agar klaim IR tidak terjadi). Penanganan yang maksimal selain menjaga kepuasan juga menumbuhkan kepercayaan. Kepuasan dan kepercayaan mereka akan mendongkrak permintaan di Pembantu.com. Hasilnya adalah pemasaran yang lebih bagus bagi penyalur.


3. Apakah majikan bisa memperpanjang masa garansi selama-lamanya dengan cara mengembalikan pekerja di setiap akhir masa garansi dan berpindah penyalur?

Tidak bisa. Pertama, IR bukan fasilitas untuk berpindah-pindah penyalur. Kami akan menolak permintaan IR bila penyalur memiliki pengganti yang sesuai kebutuhan majikan. Kedua, andaikata pun ada celah menggunakan IR untuk memperpanjang garansi karena stok di penyalur tidak selalu cukup, majikan tidak diuntungkan dengan modus semacam itu. Mengganti pekerja berarti mengambil resiko pekerja baru tidak cocok, tidak betah, kabur, dan sebagainya. Bila pekerja pengganti kabur, majikannya tidak bisa lagi menikmati IR. Selain itu, kami akan memantau permintaan-permintaan IR yang tidak lazim dan bila perlu akan menolaknya.

4. Kalau klaim IR terjadi di akhir masa garansi, kami sebagai penyalur berarti tidak mendapat apa-apa?

Pekerja yang dikembalikan bisa disalurkan lagi untuk mendapatkan Biaya Administrasi baru. Hanya, tidak ada pemasukan dari masa yang sudah berlalu (misal 2 bulan sudah berlalu dari total 3 bulan masa garansi.) Anda harus memulainya lagi dari awal. 

5. Kami mempunyai kontrak tertulis dengan pekerja dan majikan. Di sana sudah disebutkan tidak ada pergantian instan dengan pekerja dari penyalur lain. Apakah IR juga berlaku bagi kami?

Ya, berlaku. Mekanisme IR diatur di dalam Syarat dan Ketentuan (S&K) situs yang berfungsi sebagai kontrak bagi tiga pihak: Pembantu.com, penyalur, dan majikan. Dengan demikian, IR berlaku bagi semua anggota Pembantu.com sekalipun ada isi kontrak lain yang mengatur sebaliknya (bertentangan dengan S&K situs). Penyalur yang membuat kontrak secara khusus melawan S&K situs akan dianggap tidak menyetujui S&K situs dan karenanya akan diblokir.

6. IR merugikan penyalur karena majikan bisa mendapat 100% uang kembali?

Anda mendapat pekerja yang dipulangkan untuk disalurkan ulang. Beberapa penyalur mengatakan bahwa tidak semua pekerja yang dipulangkan bisa disalurkan lagi, biasanya karena trauma. Dalam hal itu, IR merupakan biaya beriklan di Pembantu.com. Pendapatan dari Biaya Administrasi yang diperoleh harus dialokasikan untuk menalangi Biaya Administrasi penyalur lain.

Tetapi, IR berbeda dengan refund. T
idak ada uang mengalir ke tangan majikan. Uang berpindah ke sesama penyalur via Pembantu.com.

7. Apakah kami bisa dikecualikan dari program IR?

Mohon maaf, member tidak bisa dikecualikan dari layanan ini. Semua penyalur wajib mengikutinya, sebagai wujud komitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada majikan.

8. Kalau saya tidak setuju dengan program IR, apa yang harus saya lakukan?

Bila Anda tidak setuju dengan program IR atau merasa terbebani dengannya
, Anda perlu mengundurkan diri sebagai penyalur anggota. Tetapi kami tetap menyediakan peluang beriklan untuk Anda, yakni melalui iklan direktori dan banner. Lihat halaman Beriklan di Pembantu.com.

9. Berapa banyak klaim IR sejauh ini?

Menurut data 2018 (setahun), jumlah klaim IR yang disetujui adalah 0,6 persen pesanan, atau 6 dari setiap 1.000 pesanan. Ini naik dari data semester I 2018, yakni 5 dari setiap 1.000 pesanan. Kenaikan bisa terjadi karena lebih banyak majikan mengetahui IR di semester II dibandingkan periode sebelumnya. Anda perlu memperhitungkan ini sebagai biaya beriklan di Pembantu.com. Persentasi klaim Anda bisa berbeda dari angka kolektif tersebut.

10. Bagaimana cara meminimalisir klaim IR?

Berikut tiga cara yang sudah kami temukan di lapangan:

Pertama,
batasi dan bedakan garansi penukaran dengan alasan majikan tidak cocok dari garansi untuk hal-hal lain seperti pekerja sakit, tidak dapat melanjutkan pekerjaan, atau kabur. Sebagai contoh, Anda memberikan garansi pekerja 6 bulan untuk menjamin penggantian bilamana pekerja tidak dapat menjalankan tugasnya dengan catatan bahwa penukaran karena majikan tidak cocok dengan pekerja hanya bisa dilakukan di bulan pertama. Dengan demikian, fasilitas IR hanya tersedia leluasa satu bulan. Pada bulan lainnya, IR hanya bisa dipakai bila pekerja mengundurkan diri dan dipulangkan. Alasan "tidak cocok" tidak lagi tersedia di bulan-bulan tersebut.

Kedua, sebelum mengirimkan pekerja pastikan majikan sudah berbicara langsung dengannya. Bantu majikan untuk mengerti batas kemampuan pekerja dan keadaan psikologisnya untuk menghindari ketidakcocokan di tengah jalan.


Ketiga, prioritaskan pelanggan yang minta penggantian. Tunjukkan pada majikan usaha maksimal Anda sehingga pelanggan tersebut tidak mau pindah ke penyalur lain. Bila perlu, ambil pekerja yang tersedia di penyalur lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Walaupun ada biaya, opsi ini memastikan majikan tetap setia dalam memakai layanan Anda

♣ Tanya Jawab Penyalur Lainnya