Tips dan Artikel

 
Oct

21

2020

5 Tips Mendapatkan Banyak Orderan Majikan

2020-10-21 00:00:00 Diterbitkan oleh:



Rumah adalah kebutuhan pokok yang terus dipakai terlebih saat banyak anggota keluarga berada di dalamnya karena pandemi COVID-19. Rumah rapi, urusan anak beres dan pekerjaan rumah selesai adalah idaman semua orang. Kebutuhan berkelanjutan seperti ini adalah peluang bagi penyalur asisten rumah tangga (ART), walaupun harus diakui bahwa terjadi penurunan permintaan akhir-akhir ini akibat wabah tersebut.


Ada yang bertanya kepada kami, dalam keadaan seperti ini bagaimana cara menjaga jumlah order di Pembantu.com. Paling tidak, ada 5 tips yang bisa diikuti agar majikan meminati pekerja Anda. Apa saja tipsnya?


Kami telah menyurvei beberapa majikan dan ini masukan mereka:

1. Pasang harga pas

Jangan ragu untuk menulis biaya administrasi dan gaji pas. Ada plus dan minusnya. Kalau dengan harga pas, Anda kerepotan melayani pelanggan yang minta potongan harga. Itu sisi minusnya. Tapi sisi plusnya adalah profil pekerja dengan biaya administrasi dan gaji yang lebih rendah lebih diminati daripada yang lebih tinggi. Walau selisihnya hanya Rp 50.000, tetap saja yang lebih murah lebih laku. Konsumen online sudah terbiasa dengan harga pas, jadi gunakan teknik ini untuk menang selangkah dari kompetitor Anda.

Begitu juga dengan garansi. Pasang masa garansi yang pas. Lebih lama tentu lebih bagus, misalnya naikkan satu bulan dari yang sekarang. Setelah itu, pastikan Anda menulis syarat yang ketat untuk garansi. Misalnya, bila melanggar salah satu atau lebih kewajibannya maka pengguna jasa tidak berhak atas garansi. Rinci apa saja kewajiban-kewajiban itu, dan bila perlu ditambahkan. Dengan demikian, Anda tetap nyaman sekalipun menambah masa garansi.

2. Deskripsi lebih lengkap

Pencarian pekerja rumah tangga sifatnya personal. Majikan ingin mengenal calon pembantu sedekat-dekatnya. Semakin lengkap deskripsi yang disajikan, semakin besar peluang pekerja bersangkutan dipesan. Contoh keterangan yang bisa ditambahkan: berapa lama pekerja tersebut kerja di majikan sebelumnya dan apa saja yang dikerjakannya dulu secara terperinciTulis juga: Penukaran pekerja dalam masa garansi akan dilayani instan (dijamin dapat pengganti pada hari yang sama.*)

3. Foto aktivitas

Ada ruang untuk mengupload foto-foto aktivitas tapi jarang digunakan. Unggahlah foto-foto pekerja dalam pose membersihkan rumah, menjaga anak, mencuci, memasak, dan sebagainya di kolom "Foto Aktivitas" untuk menarik perhatian dan pesanan. Foto sangat berpengaruh dalam proses pengambilan keputusan konsumen.

4. Mengupload semua pekerja yang tersedia

Semakin banyak stok Anda yang tayang, semakin besar kemungkinan pilihan jatuh pada Anda. Beragam variasi kebutuhan dan kriteria digunakan majikan saat mencari pekerja. Strategi pemasaran "menampilkan satu untuk contoh" tidak efektif sama sekali. Justru kalau yang Anda pajang hanya contoh bukan ready stock, maka pelanggan akan kecewa karena dia tidak mendapat orang yang dia pesan.

5. Surat dokter, surat polisi, referensi majikan lama

Kredential di atas jarang digunakan. Padahal, bila seorang pekerja sudah dilengkapi dengan keterangan sehat dari dokter, surat kelakuan baik dari polisi, dan referensi dari majikan terdahulu, maka apalagi yang dicari majikan? Itulah profil pekerja ideal. Biaya untuk surat-surat itu tidak mahal, hanya perlu sedikit usaha untuk mendapatkannya.

Coba diterapkan yuk, siapa tahu orderan Anda makin banyak :)

------

InstantReplace ini berlaku walaupun tidak ditulis pada keterangan pekerja, tetapi tanpa disadari majikan akan mengira Anda lebih unggul.

♣ 5 Alasan Memakai Pembantu.com