Tips dan Artikel

 
Feb

24

2020

Perlindungan Konsumen Lewat Dua Terobosan Ini

2020-02-24 00:00:00 Diterbitkan oleh: Nas Zakaria
Pembantu.com terus berinovasi dalam memberikan pelayanan. Sampai awal 2020, kami masih menemukan dua modus (kejadian yang sering dan berulang) berikut yang cukup mengganggu reputasi kami. Imbasnya bukan pada kami saja, tetapi pada semua penyalur yang beriklan di sini.

Kedua modus dimaksud adalah:

1. Pekerja kabur dalam masa garansi
2. Pekerja berhenti di akhir masa garansi



Pekerja kabur dalam masa garansi

Kabur atau pergi diam-diam dari rumah majikan adalah cara berhenti kerja yang kurang terpuji. Kepergian semacam itu dapat menimbulkan trauma psikologis bagi penghuni lainnya. Pertama, ada ketakutan untuk merekrut pekerja pengganti (khawatir kejadian sama terulang), apalagi jika disertai kehilangan barang-barang berharga. Kedua, ada trauma pada sistem kerja penyalur. Ini membuat majikan tidak mau lagi merekrut pekerja dari penyalur manapun.

Pekerja berhenti di akhir masa garansi

Sudah rahasia umum dan sering dikeluhkan majikan bahwa banyak pekerja bertahan hanya sampai akhir masa garansi. Kalau garansi sampai 1 tahun, banyak majikan yang legowo. Tetapi kalau garansi hanya 3 bulan, banyak yang tidak terima. Tentu ini bukan generalisasi karena banyak juga pekerja yang bertahan sampai bertahun-tahun di satu majikan.

Dua terobosan

Kami menilai kedua modus di atas tidak bisa lepas dari peran penyalur dalam menyiapkan pekerja yang sesuai harapan majikan. Maka itu, mulai 1 Maret 2020, kami akan memberlakukan kebijakan berikut:

1. Pekerja kabur harus diganti dalam waktu 7 hari

Majikan yang pekerjanya kabur (disertai surat keterangan pihak berwajib atau aparat pemerintah setempat) akan diberikan pengganti dalam 7 hari. Pembantu.com akan memblokir akun penyalur bilamana yang bersangkutan tidak dapat menyediakan pengganti atau memberikan solusi lain yang diterima majikan dalam periode tersebut.

2. Modus pekerja berhenti di akhir masa garansi menyebabkan akun penyalur terblokir

Bila pengunduran diri pekerja di akhir masa garansi terjadi berulang kali pada penyalur yang sama, maka modus dimaksud dianggap sudah terjadi. Dalam hal ini, Pembantu.com akan menghentikan sementara (suspense) kegiatan penyalur tersebut di Pembantu.com. Suspense berlangsung 7 hari. Bila modus berlanjut, akun penyalur tersebut ditutup permanen.

Saran untuk penyalur

Resiko pekerja kabur atau tidak betah memang tidak bisa dihapus (kodrat manusia), tapi bisa ditekan setidaknya dengan 3 cara:

- pengenalan 
- pencocokan
- tindakan korektif cepat

Pengenalan (screening) berarti upaya penyalur mengenal lebih dekat pekerja yang akan disalurkan, termasuk motifnya, asal-usul keluarganya, rekam jejak pengalamannya, minat dan keahliannya, dan lain sebagainya.

Pencocokan (matching) berarti upaya untuk memastikan bahwa pekerja tersebut akan betah di rumah majikan yang akan mempekerjakannya. Kecocokan mencakup ruang lingkup pekerjaan versus kemampuan, jam kerja versus kebutuhan istirahat pekerja, isi rumah (misalnya ada anjing) versus fobia pekerja, dan lain-lain.

Tindakan korektif (corrective actions) cepat meliputi penggantian, amandemen ruang lingkup pekerjaan, renegosiasi dan lain sebagainya bilamana pekerja sudah melaporkan ketidakbetahan.

------

Bila ada pertanyaan dan tanggapan, jangan segan hubungi kami.