Tips dan Artikel

 
Dec

26

2019

Perlindungan Konsumen Lewat Dua Terobosan Ini

2019-12-26 00:00:00 Diterbitkan oleh: Nas Zakaria


Pembantu.com terus berinovasi dalam memberikan pelayanan. Kami juga terus-menerus menyesuaikan pelayanan kami dengan permasalahan yang aktual di lapangan. Kali ini, kami menyorot beberapa keluhan yang mungkin tidak asing lagi:

1. Pekerja kabur dalam masa garansi
2. Pekerja berhenti di akhir masa garansi
3. Pekerja yang dipesan tidak tersedia
4. Tidak tersedia pengganti saat diminta
5. Pekerja pengganti tidak lebih baik

1. Pekerja kabur dalam masa garansi


Kabur atau pergi diam-diam dari rumah majikan adalah cara berhenti kerja yang kurang terpuji. Kepergian semacam itu dapat menimbulkan trauma psikologis bagi penghuni lainnya. Pertama, ada ketakutan untuk merekrut pekerja pengganti (khawatir kejadian sama terulang), apalagi jika disertai kehilangan barang-barang berharga. Kedua, ada trauma pada sistem kerja penyalur. Ini membuat majikan tidak mau lagi merekrut pekerja dari penyalur manapun.

2. Pekerja berhenti di akhir masa garansi

Sudah rahasia umum dan sering dikeluhkan majikan bahwa banyak pekerja bertahan hanya sampai akhir masa garansi. Kalau garansi sampai 1 tahun, banyak majikan yang legowo. Tetapi kalau garansi hanya 3 bulan, banyak yang tidak terima. Tentu ini bukan generalisasi karena banyak juga pekerja yang bertahan sampai bertahun-tahun di satu majikan.

3. Pekerja yang dipesan tidak tersedia

Bila melihat iklan di Pembantu.com, majikan seyogyanya menganggap pekerja tersebut tersedia. Bila setelah memesan ternyata pesanan gagal karena ada masalah dengan iklan itu (tidak update, salah data, dll), maka sudah pasti majikan kecewa. Lain halnya bila iklan tersebut update, tapi ada majikan lain yang mengambil pekerja itu terlebih dahulu. Dalam hal ini, penyalur dapat menjelaskan bahwa sesuai aturan main di Pembantu.com, pekerja yang diiklankan tersedia untuk publik jadi siapa saja bisa mengambil lebih dulu. Pembantu.com tidak menerapkan sistem booking atau reservasi.

4. Tidak tersedia pengganti saat diminta

Saat majikan memulangkan seorang pekerja untuk mendapat pengganti, maka idealnya pengganti itu segera tersedia. Kebanyakan majikan bisa menunggu satu atau dua hari, tapi tidak bisa menunggu berminggu-minggu apalagi berbulan-bulan. Hal ini karena mereka bergantung pada keberadaan pekerja rumah tangga untuk melanjutkan aktivitas keseharian. Misalnya, seorang ibu karir akan bergantung pada kehadirian baby sitter dan PRT untuk menggantikan perannya di rumah selama dia bekerja.

5. Pekerja pengganti tidak lebih baik

Kami sering mendapat keluhan bahwa pengganti tidak lebih kompeten dibandingkan yang digantikan. Hal ini tidak hanya mengecewakan majikan, tapi juga membuat majikan tidak percaya lagi pada penyalur yang menyediakan pekerja. Kadang majikan melampiaskan kekecewaannya dengan berpindah ke penyalur, yang juga berarti meninggalkan Pembantu.com.

Lalu apa langkah yang diambil Pembantu.com agar kasus-kasus di atas terminimalisir?

Terobosan Pertama

Mulai 1 Juli 2020, kami akan memberlakukan kebijakan berikut:

1. Pekerja kabur harus diganti segera

Majikan dapat mengajukan InstantReplace (IR) untuk pekerja yang pergi tanpa izin. IR tidak lagi mensyaratkan pengembalian pekerja ke penyalur. Semua majikan yang sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan pengganti (sesuai perjanjian antara majikan dan penyalur) dapat mengajukan IR.

2. Modus pekerja berhenti di akhir masa garansi menyebabkan akun penyalur terblokir

Pengertian modus adalah kejadian berulang. Bila pengunduran diri pekerja di akhir masa garansi terjadi berulang kali pada penyalur yang sama, maka modus dimaksud dianggap sudah terjadi. Dalam hal ini, Pembantu.com akan menghentikan sementara (suspense) kegiatan penyalur tersebut di Pembantu.com selama tujuh hari. Bila modus berlanjut, akun penyalur tersebut ditutup permanen.

Lain halnya kalau insiden kabur atau berhentinya pekerja disebabkan kesalahan majikan. Kesalahan dimaksud didefinisikan dalam kontrak antara majikan dan penyalur, seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pelanggaran hak-hak pekerja (misalnya tidak membayar gaji), dan sebagainya. Dalam hal ini, pemblokiran tidak akan terjadi.

Terobosan Kedua

Mulai 1 Januari 2021, kami akan memberlakukan kebijakan berikut.

1. Pesanan gagal yang berulang akan berujung pada pemblokiran akun. Definisi pesanan gagal: majikan memesan apa yang dilihatnya di situs, tetapi sebenarnya pekerja tersebut tidak tersedia. Juga termasuk pesanan gagal apabila pekerja itu tersedia tetapi profilnya menyesatkan. Misalnya, pekerja belum berpengalaman tetapi profilnya menyebutkan dia sudah pengalaman. Tetapi tidak termasuk pesanan gagal apabila pesanan tidak bisa dipenuhi karena pekerja tiba-tiba sakit (dibuktikan dengan surat dokter), penyalur menolak pesanan setelah mendapat identitas majikan, dan slow response majikan. Pemblokiran tidak serta-merta, tapi bertahap dan dibarengi peringatan-peringatan.

2. Klaim pekerja kabur tidak memerlukan surat polisi, kelurahan, RT/RW atau pengelola gedung untuk mengonfirmasinya. Penyalur hendaknya dapat memverifikasi kepergian anggotanya dengan cara lain. Bisa menelepon yang bersangkutan, menelepon keluarganya, atau datang langsung ke rumah majikan untuk mengecek. Sepengetahuan kami, polisi hanya akan menangani kasus kriminal. Misalnya, polisi turun tangan bila pekerja minggat dari rumah majikan dengan membawa harta majikan tanpa izin. Tetapi kalau hanya minggat dengan maksud mengundurkan diri, maka tidak ada urusan dengan polisi. RT/RW, kelurahan, pengelola gedung juga tidak akan mengeluarkan surat keterangan orang hilang bilamana kedatangannya tidak dilaporkan.

Update 21 April 2021: Penyalur bisa mensyaratkan surat keterangan RT/RW apabila majikan diwajibkan melapor RT/RW atas kehadiran pekerja dalam surat perjanjian. Contoh bunyi kontrak: "Apabila tenaga kerja yang diambil kabur dalam masa garansi, pengguna jasa melaporkan ke pihak penyalur dengan membawa surat keterangan RT/RW setempat. Pengguna jasa wajib melaporkan kehadiran pekerja pada RT/RW setempat saat kedatangannya."

Saran untuk penyalur

Resiko pekerja kabur, tidak cocok atau tidak betah memang tidak bisa dihapus (kodrat manusia), tapi bisa ditekan setidaknya dengan tiga cara:

- pengenalan 
- pencocokan
- tindakan korektif cepat

Pengenalan (screening) adalah upaya penyalur mengenal lebih dekat pekerja yang akan disalurkan, termasuk motifnya, asal-usul keluarganya, rekam jejak pengalamannya, minat dan keahliannya, dan lain sebagainya.

Pencocokan (matching) adalah upaya untuk memastikan bahwa pekerja tersebut akan betah di rumah majikan yang akan mempekerjakannya. Kecocokan mencakup ruang lingkup pekerjaan versus kemampuan, jam kerja versus kebutuhan istirahat pekerja, isi rumah (misalnya ada anjing) versus fobia pekerja, dan lain-lain.

Tindakan korektif (corrective actions) cepat meliputi penggantian, amandemen ruang lingkup pekerjaan, renegosiasi dan lain sebagainya bilamana pekerja sudah melaporkan ketidakbetahan.

------

Bila ada pertanyaan dan tanggapan, jangan segan hubungi kami.