Tips dan Artikel

 
Aug

14

2019

3 Tips Agar Si Kecil Mau Mendengarkan Bunda tanpa Harus Diancam

2019-08-14 09:04:07 Diterbitkan oleh: yasinta yasinta


Membuat Si Kecil mendengarkan Bunda tanpa harus mengancam anak bisa di terapkan secara baik-baik loh Bunda, seperti memberikan arahan dengan pembicaraan secara baik dan mudah di mengerti anak tanpa harus ada embel-embel ancaman. Kasih waktu anak untuk memilih pertanyaan yang Bunda berikan.


3 tips agar si kecil mau mendengar Anda tanpa harus diancam.


1. Berikan pilihan padanya dan jangan mengekangnya

Berikan pilihan yang mudah dipahami oleh anak. Misalnya, “Rapikan mainanmu sekarang supaya kamu masih punya waktu nonton televisi sebelum tidur, atau rapikannya nanti saja tapi kamu enggak nonton televisi sama sekali.” Dengan memberikan pilihan, si kecil merasa mendapat kepercayaan sehingga ia akan percaya diri untuk melakukan hal tersebut.

2. Beri batasan
Bila Bunda memberikan perintah, maka berikan batasan yang jelas padanya.Batasan ini melatih kepekaan dan rasa tanggung jawabnya, Bun.Misalnya, “Ibu akan pergi ke rumah Nenek 30 menit lagi. Kamu bisa ikut kalau sekarang segera mandi dan berpakaian. Kalau kamu belum siap saat ibu akan berangkat, kamu bisa tidak bisa ikut dan main di rumah saja.”



3. Tetapkan aturan

Buatlah aturan yang jelas dan sampaikan aturan ini di awal serta pastikan anak paham apa saja yang menjadi tugas atau kewajibannya berikut konsekuensi jika ia tidak memenuhinya. Entah mengenai jam main, atau hal-hal seputar aktivitasnya. Bila si kecil menunjukkan perilaku melanggar aturan, maka Bunda tak perlu kesal. Tetap ingatkan ia lagi dan lagi. Dengan begitu, Bunda tidak perlu lagi mengancam.( Sumber: http://sayangianak.com )



♣ Tips dan Artikel Lainnya

------

Mencari pembantu dan baby sitter? Klik saja Pembantu.com.