Tips dan Artikel

 
Sep

02

2019

Berikut 5 Gizi Penting untuk Si Kecil

2019-09-02 11:01:37 Diterbitkan oleh: yasinta yasinta

Berikut ini adalah penjelasan pentingnya masing-masing zat gizi tersebut.


1. Karbohidrat untuk Energi Beraktivitas


Karbohidrat adalah sumber energi utama untuk manusia. Satu gram karbohidrat mampu menghasilkan 4 kilokalori. Melalui proses metabolisme yang cepat dalam tubuh bayi, energi dapat terbakar dengan lebih cepat. Karbohidrat juga bisa berfungsi sebagai penyeimbang asam dan basa di dalam tubuh, serta mendukung proses untuk membentuk jaringan sel, struktur dan juga organ-organ dalam tubuh.


2. Lemak untuk Perlindungan Tubuh


Selain sebagai pelezat dalam makanan, lemak juga befungsi sebagai pelarut vitamin A, D, E, K dan pelindung organ tubuh.  Lemak “baik” terdiri atas asam lemak tidak jenuh. Artinya lemak jenis ini mengandung kolestrol “baik” yang dapat mengurangi kolestrol “jahat”. Lemak tidak jenuh bisa didapat dari minyak goreng yang terbuat dari biji-bijian seperti jagung, kacang tanah, kedelai, zaitun dan biji bunga matahari.


3. Protein untuk Pertumbuhan Otot dan Jaringan


Protein juga bisa berfungsi sebagai sumber energi. Protein terdiri dari 2 jenis yaitu protein hewani dan nabati. Protein hewani didapat dari telur, ikan, daging, serta susu. Sedangkan protein nabati bisa didapat dari kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kedelai dan hasil olahannya seperti tempe, tahu, dan susu kedelai.


4. Vitamin dan Mineral


Vitamin dan mineral adalah zat gizi mikro yang berfungsi untuk memperlancar proses biologis lainnya yang diperlukan untuk mempertahankan kesehatan. Vitamin terdiri dari berbagai macam jenis yaitu vitamin A, B, C, D, E, dan K. Vitamin dan mineral terutama banyak terdapat dalam sayur dan buah.




5. Kalsium


Untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi anak anda, asupan kalsium perlu diperhatikan. Memberi minum susu secara teratur kepada anak dapat memenuhi kebutuhan akan kalsium. Tidak hanya dari susu, kalsium juga bisa didapat dari alpukat, kacang-kacangan, dan bahkan brokoli. Dengan mengonsumsi kalsium setiap hari, anak anda dapat memiliki tulang yang kuat untuk mendukung pertumbuhan otot, tinggi, dan berat badan yang optimal. (Sumber: https://www.blibli.com).

♣ Tips dan Artikel Lainnya

------

Mencari pembantu dan baby sitter? Klik saja Pembantu.com