Tips dan Artikel

 
Jan

13

2021

Tips dan Cara Menjaga Suhu Tubuh Bayi yang Baru Lahir

2021-01-13 07:37:03 Diterbitkan oleh: yasinta yasinta


Berikut Tips dan Cara Menjaga Suhu Tubuh Bayi yang Baru Lahir

1. Menghangatkan tubuh

Cara menghangatkan tubuh bayi bisa dengan memakaikan tutup kepala seperti kupluk, kemudian sebisa mungkin tempatkan bayi berada di antara kedua sisi payudara sang ibu. Kemudian palingkan wajah bayi ke salah satu sisi payudara ibu. Penting diketahui bahwa posisi perlu diperhatikan agar bayi tetap dapat bernafas dengan optimal. Pastikan juga bayi hanya memakai popok, kaus kaki dan kupluk. Sederhananya, agar bayi dapat berkontak kulit langsung kepada ibunya dan dapat merasakan kehangatan langsung dari ibunya. Dan menghangatkan tubuh ala kangguru ini hanya boleh dilakukan minimal 60 menit karena bayi dapat merasa stres akibat perubahan posisi yang cepat.

2. Jangan tempatkan bayi di ruang AC

Sebagian besar ibu akan meletakan bayinya pada ruangan ber-AC karena dianggap lebih sejuk dan nyaman. Namun tidaklah demikian, karena kulit bayi masih cukup sensitif pada suhu yang cukup ekstrem.

3. Berikan ASI

Dengan memberikan ASI secara eksklusif juga dapat menjaga suhu bayi tetap hangat. ASI sendiri adalah sumber makanan yang sangat baik untuk bayi baru lahir karena memiliki kandungan penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan imun.



4. Selimut

Saat berada di cuaca yang cukup dingin untuk bayi, dengan menggunakan selimut yang lembut cukup untuk menjaga tubuh bayi agar tetap hangat. Tutup tubuh bayi sebagian dengan selimut seperti dari ujung kaki hingga dadanya. (Sumber: tirto.id)

------

Bila ada pertanyaan dan tanggapan, jangan segan hubungi kami.