Tips dan Artikel

 
Aug

13

2019

Memberikan Bubur Pada Si Kecil Tak Sebaiknya Pakai Botol Susu

2019-08-13 05:42:18 Diterbitkan oleh: yasinta yasinta


Memberikan bubur untuk si kecil mengunakan botol sangatlah berbahaya walaupun terkesan cepat dan mudah cara tersebut tidak sebaiknya di gunakan. Mengingat bayi yang bisa saja menjadi tidak nyaman.

Berikut kenapa si kecil tidak sebaiknya pakai botol susu saat memberikan bubur.

1. Si kecil rentan tersedak

Lantaran bubur berbeda dari susu, justru si kecil bisa saja tersedak di sela-sela ia menghisap. Selain itu, apabila bubur tidak bisa ditelan dengan baik oleh bayi, bubur tersebut justru berisiko besar masuk ke dalam paru-parunya.

2. Botol susu tak akan memberikan stimulasi

Tahukah Bunda, perkembangan motorik si kecil tak sebatas menghisap dan menelan saaat ia menggunakan botol susu saat makan. Justru Di mana bayi akan belajar bagaimana cara menguyah, menggerakkan lidah, serta menelan makanan dengan lebih mudah. Kemampuan bayi akan jauh berkembang apabila Bunda memberikan MPASI dengan cara menyuapinya.

3. Dot pada botol sejatinya cepat kotor

Bun, dot pada botol susu haruslah diganti setiap tiga bulan apalagi bila sering digunakan untuk memberi bubur untuk si kecil. Hal ini karena noda makanan akan tetap menempel pada botol apabila tidak dibersihkan secara teliti. Bekas noda yang menempel juga menjadikan makanan yang disimpan di sana lebih cepat basi dan menimbulkan masalah lambung pada bayi.

4. Risiko alergi sulit diketahui

Ketika cara makan bayi sudah salah, maka reaksi bayi terhadap alergi juga akan sulit diketahui nih Bun. Untuk pilihan yang lebih aman, Bunda bisa menggunakan botol khusus untuk bubur bayi yang sudah dilengkapi dengan sendok.Meskipun begitu, menyuapi bayi makan dengan sendok merupakan pilihan yang lebih aman dan terbaik lho Bun.


5 Si kecil bisa jadi mogok menyusu

Seiring berjalannya waktu, si kecil akan mampu merasakan makanan yang masuk ke dalam mulutnya. Apabila dia tidak menyukai rasa bubur, kemungkinan dia akan menolak minum susu di botol. Hal itu karena bubur dan susu diberikan pada bayi lewat alat makan yang sama, sehingga dia keliru dalam mengenali rasa keduanya. (Sumber: http://sayangianak.com)

 
------

Banyak stok pembantu dan baby sitter yang bisa dipilih di Pembantu.com.

♣ 5 Alasan Memakai Pembantu.com