Tips dan Artikel

 
Jan

18

2021

4 Tips Mendidik Anak Agar Sukses Dimulai Dari Rumah

2021-01-18 07:01:48 Diterbitkan oleh: yasinta yasinta


Berikut Tips Mendidik Anak Agar Sukses Dimulai Dari Rumah

1. Komunikasi

Berkomunikasilah dengan anak-anak Anda karena hal ini sangat penting. Jika Anda ingin anak Anda bahagia dan sukses, komunikasi yang baik merupakan salah satu kuncinya. Dengarkan dan berikan perhatian lebih ketika mereka sedang mengutarakan pembicaraan. Letakkan koran atau gadget Anda ketika mereka sedang bercerita kepada Anda. Dengan memberikan respon yang positif terhadap pernyataan anak, tentu hal ini akan membuat anak menjadi lebih komunikatif.

2. Kemampuan

Ajarkan anak Anda kemampuan-kemampuan yang akan mereka butuhkan dalam kehidupan hariannya. Selain itu, jangan lupa untuk melatih kemampuan tersebut dengan usaha anak sendiri. Paparkan anak Anda kedalam berbagai pengalaman hidup yang berbeda sehingga anak dapat memahami hal tersebut. Dengan demikian, Anda telah membangun kemampuan anak dalam bertanggung jawab. Dalam keseharian anak, berikanlah dukungan secara totalitas, baik dari segi psikologis, finansial, emosional, intelektual, maupun spiritual.

3. Belajar dari kesalahan

Belajarlah dari suatu kesalahan ke kesalahan berikutnya tanpa kehilangan antusias Anda! Hal ini juga perlu Anda tanamkan kepada anak. Mereka tidak perlu merasa minder atau takut ketika gagal, karena itu merupakan langkah awal dari kesuksesan yang akan diraihnya di kemudian hari. Anak harus selalu mampu terbuka terhadap kegagalan, mau belajar serta bertahan dalam berbagai rintangan yang ada di depannya. Agar dapat mengembangkan ketahanan anak, Anda dapat mulai mempercayakan anak untuk menyelesaikan beberapa masalahnya sendiri, serta berani mengambil risiko untuk tidak selalu "mendikte" anak secara terus menerus.



4. Kesuksesan

Kesuksesan anak dapat diraih ketika mereka memberikan performa yang baik dan berusaha untuk fokus terhadap impian yang ingin dicapai. Intelegensia atau kemampuan kognitif lebih diperlukan ketimbang faktor diluar diri anak sendiri, seperti status ekonomi dan sosial. Anda dapat menghindarkan pelabelan terhadap anak bahwa mereka bertalenta (gifted) karena hal ini dapat menjadi beban emosional tersendiri bagi anak. Ketika anak Anda telah memasuki masa sekolah, Anda perlu berkonsultasi dengan guru di sekolah anak Anda. Hal ini dapat memberikan titik temu terhadap kebutuhan dan keinginan anak, yang ternilai dari dua sudut pandang, Anda dan guru anak. Dengan begitu proses mendidik anak agar sukses akan berhasil. (Sumber: nutriclub.co.id)

------

Banyak stok pembantu dan baby sitter yang bisa dipilih di Pembantu.com.