Tips dan Artikel

 
Jan

14

2021

5 Tips Simpel Mengasuh Anak Tiga Tahun dengan Positif

2021-01-14 07:41:33 Diterbitkan oleh: yasinta yasinta



Berikut 5 Tips Simpel Mengasuh Anak Tiga Tahun dengan Positif

1. Memahami bahwa anak masih terlampau kecil untuk mempelajari semuanya

Mungkin mama ingin anak cepat bertumbuh besar, tetapi hal ini tentunya tidak bisa dilakukan dengan terburu-buru, bukan? Sekalipun anak sudah mengetahui banyak kosakata dan mengikuti perkembangan anak-anak lainnya, kemampuan otak setiap anak-anak berbeda. Anak berusia 3 tahun juga masih memiliki banyak hal untuk dilakukan

2. Anak lebih membutuhkan koneksi daripada koreksi agar merasa lebih aman dan didukung

Pastinya Mama ingin punya anak yang mendengarkan dan mengikuti arahan dengan baik. Namun cobalah untuk menjelaskan sebab-akibat dari apa yang anak lakukan daripada hanya sekedar memerintah atau mengomeli anak. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan membuat anak merasa lebih aman, didukung, dan melekat pada orangtuanya.

3. Anak membutuhkan bimbingan yang lembut, bukan istirahat setiap waktu

Alih-alih memisahkan anak ketika anak sedang mengalami masalah, Mama dapat meluangkan waktu untuk mengajari anak cara yang lebih baik untuk menangani perasaan besar yang sedang di alaminya atau mengajari anak untuk tetap beraktifitas melalui situasi yang sulit.

4. Deskripsi orangtua mengenai anak merupakan hal penting bagi Si Anak

Anak dapat menginternalisasikan kata-kata yang Mama gunakan untuk menggambarkan mereka. Ditambah, ketika Mama dapat memberikan anak dari sudut pandang positif tandanya Mama lebih bersedia untuk bersabar dan berempati terhadap masa perkembangan anak. Hindari mengeluarkan kata-kata negative ya, Ma!



5. Berikan kesempatan dengan mempercayai anak untuk dapat menangani tanggung jawabnya

Di usianya yang masih tiga tahun, wajar jika anak ingin banyak mengeksplorasi banyak hal. Ini yang membuat anak menjadi suka diberikan tanggung jawab, dimulai dari membantu Mama. Banyak hal yang anak dapat lakukan, sehingga jadikan lingkungan yang mudah diakses oleh anak, serta berikan anak banyak peluang untuk bekerja berdampingan dengan Mama. (Sumber: popmama.com)

------

Banyak stok pembantu dan baby sitter yang bisa dipilih di Pembantu.com.