Tips dan Artikel

 
Jan

20

2021

5 Tips Menjalani New Normal Bagi Anak-Anak, Orang Tua Perlu Tahu

2021-01-20 08:07:03 Diterbitkan oleh: yasinta yasinta


Berikut Tips Menjalani New Normal Bagi Anak-Anak, Orang Tua Perlu Tahu

1. Selalu bersikap tenang dan jangan membuat mereka jadi cemas

Percaya atau tidak sebenarnya anak-anak itu sangat mudah dibuat cemas lho. Rasa takut dapat muncul di kepala mereka terutama bila orang di sekitarnya juga merasakan hal yang sama. Karena orang tua merupakan sumber keamanan bagi si kecil, maka sebaiknya untuk bersikap tenang dan menyebarkan sikap positif. Kekhawatiran atau rasa cemas yang berlebihan justru malah menjadi beban bagi mereka. Keterlibatan kedua orang tua sangat dibutuhkan untuk menciptakan suasana rumah yang jauh dari rasa cemas. Hanya dengan begitulah maka tips menghadapi new normal Indonesia ini dapat berhasil dilakukan. Diskusikan terlebih dahulu dengan pasanganmu bagaimana bertingkah laku di depan mereka.

2. Berikan kesempatan kepada mereka kalau si kecil ingin menceritakan rasa takutnya

Memiliki rasa takut di situasi seperti ini merupakan hal yang wajar. Sebaiknya orang tua dapat menyediakan ruang terbuka bagi anak untuk membagikan rasa takutnya. Tips menghadapi new normal ini bisa dilakukan melalui percakapan-percakapan ketika anak mulai mengeluhkan perasaannya. Dengarkan apa yang ingin dia sampaikan dan bagikan juga bagaimana perasaan anda. Buat mereka yakin kalau mereka tidak sendirian menghadapi situasi sulit ini. Sebisa mungkin posisikan diri anda sebagai pendengar dan tanggapi mereka dengan nada yang menenangkan. Tips new normal ini dapat dicoba ketika anak sedang bersiap untuk tidur. Sekaligus menanyakan bagaimana dia menjalani hari ini.

3. Berita yang lagi ditonton sama ayah dan bunda belum tentu pas buat mereka lho!

Nah kalo ini biasanya suka kebablasan karena ga banyak orang tua yang paham tentang literasi media. Berita-berita tentang COVID-19 sebenarnya dapat dikategorikan sebagai informasi untuk orang dewasa. Topik serius seperti itu belum bisa dicerna dengan mudah oleh anak-anak. Ini karena pemahaman mereka yang masih terbatas. Lalu, bagaimana kalau mereka sudah terlanjur menonton berita itu? Sampaikan saja keadaan yang sebenarnya terjadi tapi bukan dengan intonasi untuk menakut-nakuti. Hal tersebut malah akan membuat mereka jadi stress. Oleh sebab itu, orang tua perlu memperhatikan informasi yang diterima oleh anak-anak. Dengan perlahan, mereka dapat memahami tips menghadapi new normal life.

4. Jelaskan kalo di situasi seperti ini sebaiknya tidak berkumpul di keramaian

Kalo ditanya apa saja tips sukses dalam menjalankan new normal, maka yang paling utama adalah social distancing. Menjauhi keramaian dan menjaga jarak dengan orang lain merupakan cara paling krusial saat ini. Buat anak-anak yang akan kembali ke sekolah, aturan jaga jarak ini bisa saja dilupakan. Maka dari itu, penting sekali bagi orang tua untuk memperingati dampak dari diabaikannya aturan ini. Tidak cukup dengan memberi himbauan, orang tua juga perlu mempraktekkannya tips new normal Indonesia. Anak akan cenderung tak peduli apabila dari kita sendiri tidak melakukan hal yang sama. Percuma saja kalau tips menghadapi new normal tadi diabaikan oleh orang-orang yang harusnya menjadi contoh.



5. Jadilah contoh bagi anak-anak di rumah dalam menjaga kebersihan tangan dan memakai masker

Selain menjaga jarak dari keramaian, dua hal tersebut merupakan tips new normal paling penting. Namun bila kita ingin anak-anak melakukannya, semua haruslah dimulai dari orang tua terlebih dahulu. Anak-anak dinilai lebih cepat menirukan kebiasaan orangd dewasa di sekitarnya. Jadi ayah dan bunda harus mau menjadi contoh bagi si kecil sebelum meminta mereka untuk kemana-mana pake masker ya. Sebelum berangkat ke sekolah nanti, si kecil bisa diajarkan untuk mengecek persiapan new normal miliknya. Seperti new normal starter pack yang akan ia bawa ke sekolah. Mulai dari hand sanitizer, masker, tisu basah, alat makan sendiri, botol minum, dan lain-lain yang dibutuhkan. (jakmall.com)

------

Banyak stok pembantu dan baby sitter yang bisa dipilih di Pembantu.com.

 5 Alasan Memakai Pembantu.com