Tips dan Artikel

 
Jan

20

2021

Tips Parenting untuk Anak Usia 6-8 Tahun

2021-01-20 05:02:11 Diterbitkan oleh: yasinta yasinta



Berikut Tips Parenting untuk Anak Usia 6-8 Tahun

1. Ajak Anak Diskusi dan Bermain

Anak-anak usia 6-8 tahun masih sangat terbuka saat bersama orang tua. Momen ini sangat pas untuk mengajak anak bercerita seputar sekolah, teman, dan apa yang akan dilakukan anak-anak di masa yang akan datang. Agar lebih fun dan manarik, Anda dapat mengemas diskusi dalam bentuk games maupun mendatangi tempat-tempat baru untuk membuka wawasan anak-anak.

2. Berikan Apresiasi dan Perhatian

Perlu diingat, usia 6-8 tahun pemikiran anak masih jauh dari kata dewasa. Jangan sungkan untuk memberikan apresiasi dan pujian jika anak Anda melakukan hal yang positif. Hargai usaha yang sudah dilakukan anak-anak sekecil apa pun dan berikan pujian karena sudah bekerja keras untuk menyelesaikan sesuatu.

3. Ajak Anak untuk Berpartisipasi sebagai Tim

Mengajarkan anak untuk bermain dalam tim berarti memberikan kesempatan agar anak belajar bersosialisasi dan mengelola pemikiran yang berbeda. Hal ini penting agar anak-anak tumbuh sebagai orang yang dapat menghargai perbedaan dan berpikir lebih kritis dengan sudut pandang yang berbeda. Selain itu, anak juga akan lebih percaya diri saat berada di lingkungan yang berbeda.

4. Latih Anak Mengemban Tanggung Jawab

Meskipun Anda dapat menyelesaikan tugas rumah tangga tanpa bantuan, ada baiknya anak mulai diberikan tanggung jawab untuk membantu menyelesaikan pekerjaan di rumah. Hal ini penting untuk mengajarkan pada anak skill bertahan hidup walaupun tanpa ada asisten rumah tangga nantinya. Berikan tugas kecil seperti mengelap meja, kursi, atau mencuci peralatan makan sendiri. Biasakan juga agar anak membuat jadwal kapan harus belajar, menyelesaikan tugas, dan kapan bisa bermain. Hal kecil yang dapat memotivasi sekaligus melatih tanggungjawab anak adalah membuat challenge atau tantangan yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu. Tentunya agar semakin semangat, Anda dapat menyediakan reward jika challenge yang disepakati tercapai.



5.Ajarkan Anak Menjaga Keselamatan

Karakteristik aktif pada usia 6-8 tahun membuat anak ingin mencoba banyak hal dan terkadang mengesampingkan keselamatan saat beraktivitas. Jika anak Anda suka berenang, ajarkan agar berhati-hati saat di kolam dan tetap berenang di bawah pengawasan orang dewasa jika belum mahir. Saat hendak menyebrang, biasakan anak agar menegok kanan terlebih dahu, kemudian kiri, dan perbolehkan menyebrang saat situasi jalanan sudah aman. Berikan informasi yang cukup kepada anak-anak seputar bahan dan peralatan rumah tangga yang berbahaya dan infokan cara yang tepat dan tetap aman saat menggunakan peralatan tersebut. (Sumber: kumparan.com)

♣ 
Tips dan Artikel Lainnya

------


Mencari pembantu dan baby sitter? Klik saja Pembantu.com