Tips dan Artikel

 
Nov

28

2020

6 Cara Mendapatkan Pembantu Rumah Tangga yang Baik, Amanah, dan Bisa Dipercaya

2020-11-28 00:00:00 Diterbitkan oleh: yasinta yasinta

Memilih pekerja yang memiliki sifat yang baik, amanah dan bisa dipercaya adalah pekerjaan yang kerap mendapat tantangan. 
Yuk simak 6 cara mendapatkan pembantu rumah tangga yang baik, amanah, bisa dipercaya, dan cocok untuk Anda.

1. Rekomendasi dari orang terpercaya


Cara terbaik mencari pembantu yang amanah adalah dengan bertanya pada teman, keluarga atau penduduk setempat yang sudah lama tinggal di wilayah Anda. Biasanya mereka tahu dan akan merekomendasikan asisten rumah tangga yang benar-benar baik dan kerjanya pun amanah.


2. Pengalaman menjadi asisten rumah tangga


Pembantu atau asisten rumah tangga yang mempunyai pengalaman lebih dari 3 tahun tentunya sudah tahu apa saja yang harus dilakukan di rumah Anda. Tanyakan pengalamannya dengan terperinci untuk memastikan pengakuannya sudah benar. Dengan demikian, Anda tak perlu capek-capek untuk mengajarinya kembali.


3. Diuji dengan studi kasus


Anda bisa meminta calon pekerja untuk memperaktekkan atau memeragakan beberapa tugas inti yang Anda butuhkan. Misalnya, tanyakan bagaimana cara membuat susu bayi, cara mengepel lantari, dan lain sebagainya. Pada saat itu Anda bisa menilai apakai pekerja tersebut sesuai dengan apa yang Anda inginkan atau tidak.


4. ART menanyakan gaji


Pembantu atau asisten rumah tangga yang baik biasanya tidak mementingkan gaji sebagai hal utama. Yang utama baginya adalah kerja yang benar dan rapi. Jadi, ketika pertama kali bertemu dan ditanya gajinya berapa, ia tidak akan berani menyebutkan nominalnya. Hal itu bisa membuktikan bahwa si calon pekerja lebih fokus dalam urusan pekerjaan.


5. Lihat raut wajah, kesehatan, dan umurnya


Untuk mendapatkan asisten rumah tangga yang baik, perhatikan mimik, gerak tubuh, dan sikapnya secara keseluruhan. Tanyakan juga riwayat kesehatan dan usianya. Bila banyak sekali masalah kesehatan atau usianya sudah terlalu tua, sebaiknya hindari merekrut pekerja tersebut.




6. Ikuti kata hati Anda


Biasanya kata hati adalah yang terbaik. Terkadang bisa saja penampilan dan pengalamannya sangat bagus, namun hati Anda tetap tidak bisa mempekerjakan asisten rumah tangga tersebut. Biasanya kata hati atau feeling membawa Anda ke arah yang terbaik. (https://www.ratutips.com)

------

Banyak stok pembantu dan baby sitter yang bisa dipilih di Pembantu.com.

♣ 5 Alasan Memakai Pembantu.com
Apalagi bila ditinjau dari sisi psikologis. Pekerja merasa dihargai. Penghargaan material dan psikologis membuat banyak pekerja betah bertahun-tahun berbakti pada majikan yang sama.