Tips dan Artikel

 
May

19

2020

5 Hal yang Harus diperhatikan sebelum Mempekerjakan Pekerja Rumah Tangga

2020-05-19 08:59:51 Diterbitkan oleh: yasinta yasinta


Berikut 5 hal yang harus diperhatikan sebelum mempekerjakan pekerja rumah tangga:

1. Pelajari hukum ketenagakerjaan

Jika pada akhirnya Bunda memilih agen penyalur PRT, penting bagi Bunda untuk mempelajari hukum ketenagakerjaan. Meskipun pihak agen telah menanganinya, hal ini dilakukan agar tata cara mempekerjakan PRT tetap berjalan sesuai dengan hukum dan aturan yang berlaku. Selain itu, Bunda juga dapat terlindung dari segala bentuk jerat hukum yang tidak diinginkan. Sedangkan jika Bunda memilih PRT independen, Bunda perlu memastikan bahwa PRT tersebut dapat bekerja secara legal. Bunda juga perlu mempelajari cara membayar pajak jaminan sosial dari majikan.

2. Wawancara kandidat sebelum dipekerjakan

Ajukan pertanyaan tentang apa yang mereka sukai dari pekerjaan mereka? Cobalah untuk mencari tahu bagaimana mereka bekerja? Mengapa mereka memilih PRT sebagai pekerjaannya? Periksa referensi, riwayat kerja, dan mintalah SKCK jika perlu. Jika Bunda memilih PRT lewat agen, tetap teliti dan periksa hasil yang didapatkan dari hasil penelusuran agen dengan calon PRT.

3. Pertimbangkan rekomendasi orang terdekat

PRT yang baik biasanya berasal dari rekomendasi orang-orang terdekat yang berpengalaman mempekerjakan PRT. Biasanya, PRT yang mereka pekerjakan mengenal baik salah seorang teman di kampungnya yang juga ingin dipekerjakan sebagai PRT. Daripada mencari sendiri, bertanya soal ketersediaan PRT pada orang terdekat lebih memungkinkan menekan munculnya risiko.

4. Kejelasan upah PRT

Salah satu yang harus Bunda putuskan sebelum mempekerjakan PRT adalah memberikan kejelasan soal upah yang akan dibayarkan. Selain besarannya, waktu pembayarannya juga penting untuk dibahas. Apakah Bunda akan membayarnya per jam ataukah upah tetap per bulan. Berikan upah yang sudah menjadi standar upah minimum regional di daerah bunda tinggal.



5.Jelaskan jobdesk dan batasan

Sebelum mulai mempekerjakan PRT, Bunda perlu untuk menetapkan rincian jobdesk yang harus dilakukan PRT. Negosiasikan hal tersebut sebelum PRT memulai pekerjaannya. Usahakan agar di antara Bunda dan dia telah sama-sama sepaham dan tidak ada lagi miscommunication. Termasuk juga memastikan batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh PRT terkait pekerjaan dan privasi rumah tangga. (Sumber: www.inspirasimedina.com)


♣ Tips dan Artikel Lainnya

------


Mencari pembantu dan baby sitter? Klik saja Pembantu.com.