Tips dan Artikel

 
Sep

24

2021

5 Tips Agar Pembantu Tidak Kabur dari Rumah

2021-09-24 00:00:00 Diterbitkan oleh: Mimi Laida



Beberapa pelanggan kami mengeluhkan pengalaman buruk saat mengambil pembantu dan baby sitter melalui yayasan atau agen penyalur. Pasalnya, hanya beberapa hari setelah bekerja pembantu atau baby sitter tersebut kabur dari rumah tanpa pamit. Ada juga pekerja yang bertahan hanya sampai masa garansinya habis, lalu kabur juga. Trauma ini sampai-sampai membuat mereka ragu untuk memesan di Pembantu.com.

Berikut kita bahas bagaimana bersiasat agar asisten rumah tangga tidak kabur.

1. Lakukan wawancara yang maksimal sebelum merekrut pekerja. Tanyakan pengalaman kerja sampai 3 tahun terakhir, bekerja di mana saja, sama siapa saja, dan apa saja yang dikerjakan. 

2. Perjelas hak dan kewajiban bilamana pekerja kabur dalam surat perjanjian antara penyalur dan majikan. Memang ada klausa garansi (penyalur menjamin pekerja akan bekerja minimal sekian lama, misalnya 3 bulan) dalam kebanyakan surat perjanjian, tetapi redaksinya tidak tegas mengatur kasus pekerja yang kabur. Karena kasus pekerja kabur tidak diatur dengan jelas, penyalur biasanya berdalih tidak bisa mengganti karena dia tidak mendapat yang aslinya.

3. Mintalah jaminan berupa ijazah atau surat berharga lainnya dari pekerja. Pihak yang paling tepat untuk menyimpannya adalah penyalur. Sebagai majikan, Anda pastikan bahwa ada jaminan yang disimpan penyalur. Pastikan juga pekerja memiliki alamat asli yang jelas.

4. Laporkan kehadiran dan kepergian pekerja pada ketua RT/RW setempat. Hal ini untuk menghindari kesimpangsiuran berita tentang kepergiannya. Majikan dapat membawa surat keterangan RT/RW kepada penyalur saat mengklaim penggantian.

5. Majikan perlu memperlakukan pekerja dengan baik dan memastikan bahwa pekerjaan dan suasana rumah tinggal nyaman bagi pekerja. Hubungan kerja domestik (seperti halnya industrial juga) harus berdasarkan kerelaan kedua belah pihak, yakni majikan dan pekerja. Majikan tidak dapat menganggap sepele hak pekerja untuk mendapat perlakukan yang baik dan lingkungan yang nyaman.

------

Mencari pembantu dan baby sitter sudah bisa online. Klik saja Pembantu.com.

 Keamanan Prioritas Kami