Tips dan Artikel

 
May

19

2020

4 Tips Mencari Asisten Rumah Tangga Bagi Ibu Menyusui

2020-05-19 10:54:41 Diterbitkan oleh: yasinta yasinta


Berikut 4 tips mencari asisten rumah tangga bagi ibu menyusui:

1. Pilih yang sayang anak.

Mengurus anak membutuhkan kesabaran ekstra. Jika asisten rumah tangga kita tidak memiliki kecintaan pada dunia anak, maka ia bisa cepat bosan, tidak betah, dan yang paling seram adalah bertindak kasar dan emosional kepada anak kita. Kita bisa bertanya terlebih dulu tentang pengalaman kerjanya dalam mengurus anak. Jika ia pernah mengasuh anak sekian tahun misalnya (baik itu anak majikan sebelumnya atau anaknya sendiri), berarti ia masih bisa diandalkan.

2. Cari yang mau belajar.

Mengurus bayi membutuhkan ketelatenan menyangkut belajar mengenai ASIP (ASI perah), cara menyajikannya, begitu juga ketika nanti mulai masuk masa MPASI (makanan pendamping ASI). Biasanya, asisten rumah tangga yang berusia muda masih bisa belajar. Jika sudah tua, kita harus pelan-pelan dalam menjelaskan segala sesuatunya. Namun jika sudah berumur, biasanya sudah sarat akan pengalaman dibandingkan yang masih muda. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

3. Utamakan kejujuran

Kejujuran menjadi faktor penting. Tidak hanya menyangkut masalah uang, namun juga jika terjadi sesuatu dengan bayi kita (misalnya jatuh, tersedak) ia dengan jujur menyampaikannya kepada kita meskipun resikonya kita akan marah. Hal seperti ini penting agar kita bisa segera melakukan pemeriksaan ke dokter jika bayi berada dalam kondisi bahaya.



4. Takar kecocokan

Ketika kita bertemu dengan asisten rumah tangga untuk pertama kalinya, biasanya kita sudah punya feeling apakah orang tersebut baik atau tidak. Takar perasaan Anda secara objektif. Jika anda tidak mantap, tidak usah dipaksakan untuk menerimanya. Namun, jika Anda tidak memiliki pilihan lain, bangun pikiran positif bahwa bayi Anda akan baik-baik saja dengannya. Namun jika ternyata kinerjanya terbukti mengecewakan, segera cari gantinya. (Sumber: skata.info)

♣ Tips dan Artikel Lainnya

------


Mencari pembantu dan baby sitter? Klik saja Pembantu.com.