Tips dan Artikel

 
Sep

25

2019

3 Cara Agar Anak Menghargai Asisten Rumah Tangga

2019-09-25 00:00:00 Diterbitkan oleh: Nas Zakaria

Keberadaan Asisten Rumah Tangga atau yang biasa kita sebut pembantu rumah tangga (PRT) memang sangat bermanfaat dan meringankan beban kita dan anak-anak. Namun tanpa sengaja dan kita ketahui, ketergantungan pada pembantu akan menimbulkan dampak negatif pada mental dan disiplin anak kita. Akibatnya anak menjadi tidak mandiri karena selalu mengandalkan pembantu.

Berikut adalah kiat-kiat agar anak menjadi mandiri dan tidak mengandalkan pembantu.



1. Selalu dekat dengan anak

Usahakan meluangkan waktu kita bersama anak lebih banyak daripada waktu PRT bersama anak. Ibaratkan kaset yang kosong, anak dengan usia 3 - 5 tahun cenderung gampang mengingat kebiasaan.

Pada usia inilah dianjurkan agar orang tua lebih dekat dengan anak dengan mengajarkan mereka cara membereskan mainan, menaruh baju kotor, mengambil minum sendiri. Dengan demikian anak akan menjadi pribadi yang mandiri juga meringankan beban dan tidak mengganggu pekerjaan PRT itu sendiri, sehingga pekerjaan PRT itu menjadi lebih cepat dan efesien.

2. Biasakan bicara sopan santun

Ajarkan anak anda berbicara sopan santun, seperti halnya kalau ingin meminta tolong kepada pembantu biasakan anak mengucapkan kata "tolong", "maaf", dan tidak lupa untuk berkata "terima kasih". Karena dengan diajarkannya sopan santun sudah dari ruang lingkup rumah, di dalam ruang lingkup teman-teman dan dengan orang lainpun Anak kita dapat berprilaku sopan santun.

3. Tidak perlu kasar dan marah

Adapun jika pembantu melakukan kesalahan kepada anak, usahakan kita dapat menengahi anak kita. Jangan sampai anak kita membentak apalagi memukul PRT. Tanamkan pengertian tidak boleh berperilaku kasar pada siapa pun termasuk pembantu. Beri pemahaman bahwa pembantu juga masih memiliki banyak pekerjaan. Dengan begitu mental anak pun menjadi pribadi yang mandiri, dan kemudian akan menghargai tidak hanya pembantu tetapi juga lingkungan di sekitarnya. Pembantu kitapun akan betah dan senang bekerja di rumah kita. (Achmad Ritaudin)

------

Banyak stok pembantu dan baby sitter yang bisa dipilih di Pembantu.com.

♣ 5 Alasan Memakai Pembantu.com