Tips dan Artikel

 
Sep

05

2018

Apakah Pembantu Online Aman?

2018-09-05 00:00:00 Diterbitkan oleh: Nas Zakaria



Dulu ramai-ramai ojek online. Kemudian ada tukang pijat online, ada pembantu online, dan seterusnya. Apa latar belakang munculnya pembantu online? Apakah pembantu online aman?

Latar Belakang

Banyak ibu rumah tangga kesulitan mendapatkan pembantu karena tidak tahu di mana pembantu bisa dicari. Seyogyanya masalah ini diselesaikan secara online. Pekerja atau penyalurnya bisa mengupload data pekerja ke sebuah situs. Lalu, majikan mencari mereka dengan perangkat terkoneksi Internet (PC, laptop, smartphones) tanpa harus bepergian ke lokasi-lokasi penampungan mereka. Mengingat Jakarta dan kota-kota besar sudah cukup macet, maka alangkah baiknya fasilitas online ini bisa digunakan. Adalah Pembantu.com yang memelopori solusi ini.

Keamanan Pembantu Online

Namun pertanyaan muncul. Bagaimana dengan keamanannya? Apakah memesan di Pembantu.com lebih aman atau paling tidak sama aman dengan mencari sendiri ke kampung-kampung atau melalui teman?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, perlu kami tekankan bahwa keberadaan
pembantu online tidak mengurangi kebutuhan untuk berhati-hati. Pembantu online tidak berarti orangnya dikirimkan seperti produk-produk yang dibeli online. Hanya proses pencarian dan pemesanan yang dilakukan online, tapi proses rekrut tetap face-to-face.

Secara umum, ada 3 faktor lagi yang memperkuat keamanan sistem Pembantu.com
.

1. Wawancara dan Perjanjian

Sebelum merekrut, majikan diminta untuk melihat sendiri dan mewawancarai calon pekerja. Bila cocok, maka penyalur akan menyodorkan surat perjanjian untuk ditandatangani. Perjanjian ini menjadi acuan dan pengikat hubungan antara pekerja dan majikan dan antara majikan dan penyalur. Perjanjian ini adalah salah satu fitur keamanan dimaksud.

2. Seleksi Penyalur

Keamanan sistem pembantu online juga diperkuat oleh proses seleksi penyalur. Di Pembantu.com tidak semua penyalur bisa mendaftar dan langsung menyalurkan via online. Semua calon penyalur anggota diverifikasi sehingga tidak ada penyalur fiktif. Verifikasi ini menjadi penentu diterima atau ditolaknya pendaftaran/lamaran calon penyalur.

3. Penyalur Dimonitor

Tindak tanduk penyalur dimonitor. Penyalur yang sering mendapat komplain akan diberikan perhatian khusus. Bila ada informasi yang dapat dipercaya tentang kecurangan atau pelanggaran penyalur, misalnya, maka Pembantu.com akan mengevaluasi status penyalur tersebut. Penyalur yang tidak memenuhi standar layanan Pembantu.com diberikan teguran. Akun penyalur yang terus-menerus merusak citranya sendiri akan diblokir, baik untuk sementara atau untuk selama-lamanya tergantung tingkat kesalahannya.

------

Banyak stok pembantu dan baby sitter yang bisa dipilih di Pembantu.com.

♣ 5 Alasan Memakai Pembantu.com