Tips dan Artikel

 
May

04

2021

5 Tips Merekrut Pembantu Infal

2021-05-04 00:00:00 Diterbitkan oleh: Nas Zakaria


Lebaran Idul Fitri sebentar lagi. Sudah tradisi masyarakat Indonesia untuk bermudik setiap menjelang lebaran, sekalipun pemerintah sudah melarangnya. Pembantu.com mengamati bahwa permintaan pekerja pengganti (infal) selama dua lebaran terakhir selalu melonjak di saat lebaran.

Jadi, wajar kalau setiap kali datang lebaran, yang terpikir di benak kita adalah bagaimana mencari pekerja infal yang tepat. Dengan demikian, rumah tetap diurus oleh pembantu, anak tetap diasuh baby sitter, dan orangtua lanjut usia tetap dirawat susternya.

Berikut 5 tips merekrut pekerja rumah tangga infal dengan tidak mengurangi keamanan atau terlalu menguras isi kantong.

1. Tawarkan infal kepada pekerja permanen

Lakukan hal ini sebagai prioritas. Jelaskan bahaya bepergian di saat masih pandemi. Sebagai kompensasi, tawarkan dia gaji lebih. Pasaran gaji harian infal adalah 10% dari gaji sebulan dan masa infal adalah 10 hari. Misalnya, gaji dia Rp 2.000.000/bulan. Maka, tarif infal untuknya adalah Rp200.000/hari. Kalau dikali 10, hasilnya Rp 2.000.0000. Sisa 20 hari dalam bulan bersangkutan dibayar dengan gaji normal secara prorata. Sebagai ilustrasi, kalau gaji normalnya adalah Rp2.000.000, maka di bulan lebaran dia akan mendapatkan total gaji dan bonus Rp 3.666.667, yang bisa dibulatkan menjadi Rp 3.700.000. Itu di luar THR. Banyak PRT dan suster akan menerima tawaran di atas karena tambahan itu sangat bernilai bagi mereka.

2. Tawarkan infal kepada teman pekerja permanen

Bila opsi pertama tidak memungkinkan, tanyakan apakah dia mengenal seseorang yang mau menggantikannya sementara dia mudik. Anda perlu berhati-hati dalam merekrut orang baru sekalipun temannya. Tetap lakukan protokol wawancara dan pengecekan identitas sebelum yang bersangkutan masuk agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tetapi, opsi kedua ini relatif aman dibandingkan memilih kandidat dari luar yang tidak punya koneksi dengan Anda sama sekali.

3. Pesan lebih awal dari kampung

Pesan tenaga infal jauh-jauh hari sebelum larangan mudik dan keluar masuk kota diberlakukan. Ini pilihan yang tepat bila Anda punya saudara sendiri di kampung yang bersedia memilihkan pekerja infal untuk Anda. Salah satu kelebihan tenaga dari kampung adalah tidak adanya campur tangan pihak ketiga (selain saudara itu tadi) yang dapat membuat pekerja mencari tempat kerja baru setelah lebaran. Ini penting karena kebanyakan pekerja lama tidak balik lagi setelah lebaran. Alasan paling klasik: mencari job baru dengan gaji lebih tinggi.

4. Pesan lebih awal via Pembantu.com

Jumlah pekerja infal di Pembantu.com memang banyak. Mereka ratusan dan semuanya siap untuk dipesan. Hanya saja, situasinya begini: semakin dekat hari raya semakin rebutan. Maka, jangan heran pada saat pesanan Anda sudah masuk dan diproses, tiba-tiba admin memberi tahu bahwa pekerja dimaksud sudah duluan diambil orang lain. Kalau sudah dipesan sejak awal, Anda tidak perlu khawatir lagi akan kejadian seperti itu. Mereka akan datang pada hari Anda membutuhkan.

5. Waspada COVID-19

Jangan lengah terhadap ancaman penyakit satu ini. Di tengah uforia vaksinasi dan hiruk-pikuknya lebaran, banyak orang lupa bahwa tingkat penyebaran virus corona hari ini masih sama dengan 12 bulan lalu ketika pertama kali virus ini diketahui dan ditakuti. Tidak ada alasan untuk meremehkan wabah ini. Baca 5 Tips Merekrut Pembantu di Tengah Pandemi COVID-19.

Demikian 5 tips merekrut pembantu infal untuk diterapkan. Semoga bermanfaat.

------

♣ Tips Bertransaksi Aman


♣ Beranda