Tips dan Artikel

 
May

01

2021

Waspada penipuan penyalur tenaga kerja dari web Pembantu.com

2021-05-01 00:00:00 Diterbitkan oleh: Nas Zakaria


Sebuah artikel berjudul "Waspada penipuan penyalur tenaga kerja dari web pembantu.com" muncul di Blogspot pada 12 Mei 2017. Kami baru membacanya setelah dipublikasi cukup lama (kami tidak dikofirmasi oleh penulis). Tulisan tersebut dimulai dengan kalimat "Di era teknologi ini, sulit mendapatkan tenaga kerja yang serius dan jujur. Apalagi human trafficking terjadi tidak hanya keluar negeri tapi di dalam negeri."

Kami bermaksud meluruskan tulisan pada blog tersebut yang dapat menjerumuskan pembaca untuk percaya seolah-olah telah terjadi penipuan di web Pembantu.com. Berikut ringkasan inti keluhan, jawaban, dan tindakan kami.

Inti keluhan

Tulisan tersebut mengungkapkan kekecewaan penulis karena permintaan penggantian pekerjanya tidak dilayani. Dengan kata lain, dia meminta pekerja pengganti tetapi tidak diberikan. Ada screeenshot pembicaraan di WA seperti gambar di atas. Tetapi penulis tidak memperlihatkan seluruh isi percakapan sejak awal sampai akhir, tapi satu tangkapan layar itu saja.

Seperti diketahui, penyediaan pekerja rumah tangga sering disertai garansi penggantian. Dalam periode tertentu, majikan berhak mendapat pekerja pengganti apabila memenuhi persyaratan yang disepakati dalam kontrak. Bila majikan memenuhi syarat, maka penyalur wajib memberikan pengganti.

Jawaban kami

Kami tidak bisa memastikan apakah keluhan di atas benar terjadi. Tidak ada pesanan atas nama MomRichRena (nama akun Blogspot) di Pembantu.com sepanjang 2016-2017. Nama-nama lain yang serupa (Rena, Rich, Momrich) juga tidak ditemukan dalam data base kami. Membuat cerita seperti itu bisa dilakukan siapa saja. Kami sayangkan, yang bersangkutan tidak memberikan data pesanan untuk divalidasi.

Kalau itu benar terjadi (misal tervalidasi), lalu apa langkah kami selanjutnya? Jawabannya: kami akan memediasi keluhan tersebut. Bila penyalur bersangkutan terbukti curang (misalnya dia berkewajiban memberikan pengganti tapi mangkir), maka akunnya akan kami blokir. Dengan begitu, kerugian yang dia derita lebih besar daripada jumlah uang yang dicuranginya. Tidak ada penyalur yang memilih akunnya diblokir. Tetapi kalau sebaliknya, misalnya MomRichRena terbukti tidak memenuhi syarat untuk penggantian, maka keluhannya ditutup dan dianggap selesai. 

Mengapa mediasi?

Upaya mediasi akan memberi kesempatan kepada kedua pihak (majikan dan penyalur) untuk memberikan keterangan. Dalam laporan di atas, hanya majikan yang bercerita. Salah satu penyalur mengisi kolom komentar dan menyatakan kesiapan untuk menempuh jalur hukum. Mereka sudah siap untuk diperkarakan, tetapi sepertinya penulis tidak kunjung menindaklanjutinya. Hal ini bisa terjadi karena penyalur punya bukti dan alasan kuat bahwa dia benar. Tidak jarang terjadi, majikan sudah tidak berhak mendapat pengganti.

Mediasi juga penting karena ini adalah solusi yang murah. Menempuh jalur hukum akan menghabiskan biaya untuk pengacara dan perkara. Sebaliknya, mediasi di Pembantu.com hanya bermodalkan waktu untuk menuliskan keluhan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan via email. Bila anda bersedia mengikuti proses mediasi yang kami gagas, maka penyalur bersangkutan akan kami berikan sanksi bila terbukti melanggar perjanjian.

Dasar pijakan dalam proses mediasi adalah kontrak yang sudah Anda tanda tangani. Sebagai contoh, Anda mengklaim garansi sesuai kontrak tetapi penyalur tersebut tidak melayaninya, maka akun penyalur tersebut bisa kami blokir sampai pengganti disediakan. Dalam banyak kasus, pemblokiran akun efektif memberikan efek jera dan membuka jalan bagi kedua pihak untuk menemukan solusi.

Tindak lanjut

Walaupun kasus di atas tidak terbukti, kami tidak menutup mata atas keluhan-keluhan terkait tidak tersedianya pekerja pengganti. Untuk itu, kami meluncurkan layanan InstantReplace™ (info lengkap) pada 2018. Dengan InstantReplace™, Anda bisa mengambil pekerja pengganti dari penyalur lain bila penyalurnya tidak melayani Anda atau tidak punya pengganti. Sesuai namanya, penggantian bisa diambil langsung (instan, tidak perlu menunggu) setelah pekerja lama tersebut keluar. Biaya administrasi yang sudah Anda bayarkan kepada penyalur lama akan kami pindahkan ke penyalur baru. Ajukan InstantReplace™ di sini.

Saran

Bila Anda mendapat masalah seperti pada artikel di atas, khususnya dalam hal tidak tersedianya pengganti, manfaatkan fitur mediasi dan InstantReplace™ segera.

------

Keamanan Prioritas Kami