Tips dan Artikel

 
Dec

06

2018

3 Cara Membangun Rumah di Tanah Berkontur

2018-12-06 00:00:00 Diterbitkan oleh: Mimi Laida



Sering kali kita menemui masalah bagaimana membangun rumah di tanah yang berkontur (tanah yang tidak rata). Kondisi tanah yang berkontur itu sangatlah bermacam-macam, ada yang tanahnya tidak rata ketinggiannya, ada tanahnya yang bergelombang dan ada juga tanahnya yang menjorok kedalam. Jadi tanah yang berkontur sangat menyulitkan pembangunan yang ingin Anda bangun. Untuk tanah yang berkontur sangatlah cocok jika digunakan untuk terasiring. Jika Anda ingin membangun rumah di tempat-tempat dengan tanah yang tidak baikl misalnya berkontur, rawan banjir Anda harus memahami tentang teknik sipil bangunan yang mengatasi hal tersebut agar hunian Anda lebih kuat dan indah. Tanah yang berkontur banyak sekali ditemukan di daerah pegunungan atau dekat sungai.

Untuk membangun rumah di tanah berkontur memerlukan biaya yang banyak dan diperlukan kreatifitas dalam membuat desain rumah. Membangun rumah yang berkontur memang sangat menguntungkan secara estetika namu Anda juga harus memperhatikan tipe lahan dan kondisi tanahnya. Penguatan tanah menjadi salah satu faktor penting dalam pembangunan rumah di tanah yang berkontur, Anda juga tidak perlu khawatir akan terkena longsor karena sebabnya pembangunan tanggul dan fondasi harus mendapat perhatian yang utama. Tanah yang berkontur juga dapat di siasati dengan cara mengepras tanah hingga rata, mengisi ruang lereng dengan tanah sehingga permukaannya rata, menanam pohon-pohon di sekitaran tanah yang berkontur agar mengurangi bahaya terjadinya bencana longsor.

Berikut cara membangun rumah di tanah berkontur.

1. Menggali atau menguruk

Tanah berkontur mungkin saja ada yang tidak terlalu parah. Kontur yang tidak parah masih memungkinkan untuk dilakukan pengurukan atau penggalian. Dengan cara ini tanah akan bisa rata dan dapat dibangun rumah dengan mudah.

2. Membuat desain yang tepat

Tips kedua adalah membuat desain rumah yang tepat. Untuk kali ini tidak sembarangan orang bisa melakukan atau membuatnya. Konsultasikan kepada ahli atau arsitek untuk membuat desain atau gambar rumah yang tepat. Pastikan telah dilakukan pengukuran dan pengecekan pada kontur dan kondisi tanah.



3. Membuat pondasi yang kuat

Pondasi bangunan termasuk pondasi rumah adalah bagian terpenting yang menentukan bagaimana rumah. Maka pada tanah berkontur sebaiknya dibangun pondasi yang kuat. Mengingat posisi rumah yang tidak datar atau rata maka pondasi yang dibangun harus bisa diperhitungkan untuk menyangga beban rumah tersebut. (Sumber:www.tipsmembuatrumah.blogspot.co.id)

------

Mencari pembantu dan baby sitter sudah bisa online. Klik Pembantu.com.

 Keamanan Prioritas Kami