Tips dan Artikel

 
Jul

12

2019

7 Benda Yang Sebaiknya Disingkirkan Dari Dapur

2019-07-12 09:05:00 Diterbitkan oleh: shafira rohmah



Berikut ini 7 benda yang sebaiknya tidak ada di dapur.

1. Buku resep yang tak pernah digunakan

Di era digital seperti sekaran sudah sepantasnya Anda menyimpan seluruh resep termasuk resep turun-temurun dari nenek Anda dalam file di laptop atau tablet Anda. Buku yang bertumpuk di dapur akan menimbulkan jamur.

2. Spons bekas

Spons yang sudah digunakan cenderung dibiarkan tenggelam di dalam wadah yang ada di samping bak cuci piring. Spons ini penuh bakteri dan jamur yang akan mengontaminasi bahan makanan Anda. Sebaiknya segera keringkan spons setelah dipakai dan simpan dalam wadah tertutup dan jangan diletakkan di dapur Anda. Simpan di lemari penyimpanan perlengkapan kebersihan.

3. Tas belanja

Anda pasti menyimpan tas plastik sisa belanja atau tas yang selalu digunakan untuk belanja kebutuhan bulanan di dapur. Tas-tas bekas pakai ini juga tak kalah banyak bakterinya. Siapkan laci atau tas khusus di gudang untuk menyimpan tas belanja. Selain itu, untuk mencegah menempelnya bakteri, cucilah tas belanja setiap minggu.

4. Tas kerja

Tas yang Anda gunakan untuk bekerja, nongkrong di mal, atau traveling tak semestinya berada di area dapur. Tas tersebut biasanya Anda letakkan sembarangan, termasuk di lantai toilet umum.

5. Makanan hewan

Jangan menyimpan makanan anjing atau kucing Anda di dapur dan berdekatan dengan makanan Anda. Makanan hewan cenderung beraroma menyengat yang akan mengundang semut. Jika Anda memiliki stok makanan hewan, simpanlah makanan tersebut di gudang.

6. Smartphone

Kuman yang ada di permukaan ponsel Anda hampir sama banyaknya dengan kuman di toilet umum. Jadi, sebisa mungkin pindahkan ponsel Anda jika memasak di dapur agar kotoran di ponsel tidak berpindah ke makanan Anda. Biasakan pula membersihkan ponsel dengan menyekanya menggunakan tisu basah tanpa pengharum.



7. TV

Makan di dapur sambil menonton TV memang seru. Tapi menurut The American Journal of Clinical Nutrition, menonton TV akan membuat otak Anda teralihkan untuk mengolah nutrisi makanan, sehingga membuat rasa lapar Anda tidak cepat hilang. Akibatnya Anda akan makan lebih banyak lagi.

------

Mencari pembantu dan baby sitter sudah bisa online. Klik Pembantu.com.

Keamanan Prioritas Kami