Tips dan Artikel

 
Feb

12

2019

5 Cara Membuat Kerangka Kitchen Set di Rumah

2019-02-12 00:00:00 Diterbitkan oleh: ria ery


Gimana si cara membuat kerangka kitchen set di rumah? Mungkin zaman dulu dapur Anda berbagai jenis modelnya dan tidak pernah memperhatikan dari segi estetika ruangan. Hal yang di perhatikan itu adalah kenyamanan dalam melakukan kegiatan memasak, namun keindahan dapur saat ini juga sangatalah penting menjadi faktor yang utama di dalam rumah Anda. Konsep interior dapur juga harus perlu diperhatikan terlebih karena dapur menampung aktivitas memasang yang menjadi penyebab utama keadaan dapur yang sering kali kotor. Bahwa didapur itu tempat dimana Anda meletakkan perabotan memasak, maka tidak heran kalau kondisi dapur terkesan pengap oleh banyaknya perabotan yang diletakkan disembarangan tempat sehingga dapur juga menjadi tidak bersih dan selalu berantakan.

Meskipun berbagai cara menata perabot dapur akan tetapi Anda butuh sesuatu yang dapat menampung tumpukkan alat-alat dapur, dengan adanya kitchen set dapur yang semula hanya berfungsi sebagai tempat memasak menjadi berubah dan bekembang. Bahkan dapur juga nyaman digunakannya pada saat sedang  melakukan kegiatan memasak, untuk membuat kerangka kitchen set Anda membutuhkan bahan seperti kayu lapisnya, menentukan desain kitchen set nya seperti apa, persiapkan alat-alatnya, jangan lupa di potong kayu untuk pembuatan kitchen setnya , ukurannya juga perlu ingin kecil, sedang atau besar Cuma sesuai dengan luas dari dapur Anda saja. Jika sudah di siapkan semua Anda tinggal langsung membuatnya dan perhatikan juga dengan pemasangannya seperti apa.

5 cara membuat kerangka kitchen set di rumah, sebagai berikut:

1. Menentukan Desain

Anda hendak mebuat sebuah kitchen set, pertama-tama tentukan terlebih dahulu dimana lokasi kitchen set akan diletakan. Dari lokasi tersebut, Anda akan mendapatkan dimensi panjang, lebar serta ketinggian kitchen set. Selain itu, Anda juga perlu menentukan desain apa yang diinginkan pada kitchen set Anda. Jangan lupa tentukan pula warna yang ingin digunakan. Apakah menyerupai warna cat rumah yang indah dan sejuk atau warna cat rumah yang elegan.

2. Menyiapkan Alat

Apabila proses desain sudah selesai, selanjutnya Anda dapat menyiapkan berbagai macam alat yang dibutuhkan seperti tabel sircular saw, bor listrik, obeng, lem, kuas roda, sekrup dan sebagainya. Jangan lupa siapkan pula material kitchen set yang ingin Anda gunakan.

3. Proses Pemotongan

Kemudian dipotong menyesuaikan dengan bentuk kitchen set yang sudah di desain. Pastikan jumlah material mencukup kebutuhan desain dari hasil perhitungan yang sudah dikerjakan sebelumnya. Selain bahan dasar kitchen set, Anda juga perlu menyiapkan lem fox untuk merekatkan bahan satu sama lain. Pemotongan bahan ini dapat menggunakan alat bantu circle saw, lakukan secara hati-hati untuk menghindari kesalahan.

4. Tahap Pengelaman dan Pemasangan

Bahan-bahan yang telah diolah kemudian direkatkan dengan menggunakan lem fox. Alat kuas roda juga digunakan supaya hasil pengeleman akhir lebih rata dan kuat agar kitchen tidak mudah rusak, lalu pasangkan material-material kecil pada kitchen set yang sudah mulai terbentuk. Mulai dari pintu, rak di bagian dalam dan sebagainya. 



5. Finishing

Kabinet yang sudah jadi dapat langsung dipasang pada area yang tersedia, jangan lupa membersihkannya terlebih dahulu sebelum akan digunakan agar kitchen set tidak mudah rusak dan barang-barang Anda juga tidak akan terlihat kotor. (Sumber: https://rumahlia.com).

♣ Tips dan Artikel Lainnya

------

Mencari pembantu dan baby sitter? Klik saja Pembantu.com.