Tips dan Artikel

 
Jul

17

2019

6 Cara Membuat Tampilan Dinding Bata Ekspos Buatan

2019-07-17 15:04:00 Diterbitkan oleh: ria ery


Ada 6 Cara membuat tampilan dinding bata ekspos buatan, sebagai berikut:

1. Menyiapkan Dinding

Tutup bagian-bagian tertentu menggunakan isolasi atau lakban, seperti colokan listrik dan saklar lampu. Langkah selanjutnya adalah membersihkan dinding, jika ada lumut atau permukaan dinding yang tidak rata, haluskan menggunakan kertas amplas. Lalu pastikan permukaan dinding bersih dari debu, kotoran, dan noda minyak. Anda dapat membersihkan dinding menggunakan air yang dicampur dengan deterjen berformula lembut dan spons selulosa. Gosokkan spons ke dinding hingga bersih, kemudian bilas dengan air untuk menghilangkan residu sabun. 

2. Buat Pola Garis Bata

Buat pola dinding bata menggunakan penggaris, pensil dan pisau untuk menandai pola bata. Tandai pola bata dengan ukuran 7,5 cm x 2,25 cm, duplikat ukuran bata ini di seluruh bagian dinding. Pertama-tama beri garis horizontal di seluruh permukaan dinding, lalu garis vertikal yang diselang-seling menyerupai pola bata. Ulangi seluruh proses ini ke seluruh permukaan dinding.

3. Beri Isolasi atau Lakban pada Pola Garis Bata

Mulailah pada starting point tersebut dengan menempelkan isolasi atau lakban dengan lebar 0,2 cm pada setiap garis pola bata yang telah Anda buat. Usahakan tidak memotong isolasi atau lakban pada tengah garis melainkan pada akhir garis setiap baris. Ulangi langkah ini hingga garis yang paling bawah.

4. Muali Aplikasi Acian Putih/Plamir

Aplikasikan acian putih dengan cat plamir pada seluruh permukaan dinding. Ratakan seluruh permukaan dinding. Saat setengah kering, sentuh seluruh permukaan menggunakan spons kasar untuk memberikan efek tekstur batu bata pada acian.

5. Kupas Isolasi dan Lakban yang Menempel

Jika telah mengering, kupas satu demi satu isolasi atau lakban yang menempel pada dinding. Agar dinding tersebut dapat terlihat bagus setelah di cat dengan cat plamir.



6. Cat Seluruh Permukaan Dinding


Langkah terakhir dari membuat tampilan dinding seperti dinding bata ekspos adalah mengecat seluruh permukaannya. Anda bisa mengecat dinding dengan warna yang Anda inginkan, misalnya warna putih, merah bata, hitam, dan lain sebagainya. (Sumber: http://media.rooang.com).

------

Mencari pembantu dan baby sitter sudah bisa online. Klik Pembantu.com.

 Keamanan Prioritas Kami