Tips dan Artikel

 
Feb

07

2019

6 Cara Menanam Bonsai Beringin

2019-02-07 00:00:00 Diterbitkan oleh: ria ery


Cara menanam bonsai beringin, untuk rumah minimalis Anda bisa menampilkan kesan elegan dan mewah tidak jarang penghuni rumahnya menggunakan tanaman di dalam rumah. Tidak hanya dapat meningkatkan keindahan interior ruangan, namun pemberian tanaman juga dapat memberikan kesan natural dan menyejukan udara didalam rumah. Anda bisa menggunakan tanaman yang berjenis bonsai beringin, untuk tanaman bonsai sangatlah cepat berkembang. Tanaman bonsai gampang dibentuknya bila sudah berkembang besar dan tidak gampang mati tanaman tersebut. Mangkanya tidak heran tanaman bonsai banyak sekali yang menyukai dan berminat untuk di hias di dalam rumah, dengan cara penanaman bonsai beringin juga sangatlah mudah. Anda bisa menyiapkan bibit bonsai dan pot untuk tanaman bonsai, menyiapkan media tanam, dan jangan lupa pupuk Anda siapkan.

Kehadiran sebuah taman merupakan bagian penting yang tidak bisa dilewatkan dari perhatian pemilik rumah, kehadrian sebuah tanaman pada sebuah rumah bisa memberikan banyak manfaat bagi pemilik rumah mulai dari memberikan nuansa yang lebih segar dan membuat sirkulasi udara yang baik. Untuk tanaman bonsai dengan harga yang cukupn mahal karena tanaman bonsai itu memang sedang popular dan juga tanaman yang ada di kota jepang. Untuk tanaman bonsai lebih baik Anda letak dibagian dalam rumah saja, jika ingin di ganti pupuk, pangkas atau ingin perawatan tanaman bonsai baru Anda keluarkan agar tidak menjadi berantakan kalau sedang di bersihkan. Jadi bila Anda senang dengan tanaman harus bisa merawatnya agar tidak layu dan mati.

Berikut 6 cara menanam bonsai beringin, yaitu:

1. Media Tanam

Media tanam yang baik dapat menentukan baik atau tidaknya pertumbuhan bonsai beringin itu sendiri. Sebab media tanam akan memberikan supplai nutrisi kepada tanaman bonsai. Media tanaman ini dapat diperoleh dari struktur tanah padat yang memiliki kandungan unsur hara sedikit. Atau juga Anda dapat menggunakan campuran tanah dengan batu kerikil.

2. Menyiapkan Bibit Bonsai dan Pot

Menyiapkan bahan dan alat yang akan digunakan. Yakni berupa bibit bonsai beringin dan pot dangkal dengan besaran yang cukup. Untuk mengetahui bibit bonsai yang bagus, biasanya ditandai dengan ukuran bonggol yang cukup besar. namun untuk ukuran bibit bonsai Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan yang diinginkan.

3. Memangkas Bagian Dahan

Anda dapat mengemasnya kembali dengan cara memangkas dahan-dahan bandel yang tumbuh tidak menyesuaikan dengan bentuk pola. Pemangkasan ini juga dapat membuat tanaman bonsai beringin tumbuh lebih menarik, sebab pemangkasan dapat membantu merangsang tanaman untuk menumbuhkan daun-daun yang baru. Hasil akhir yang diharapkan nanti adalah terbentuknya dahan serta batang bonsai beringin yang kuat dengan memberikan nuansa klasik.

4. Membentuk Pola Bonsai 

Membuat pola bonsai beringin dapat dilakukan dengan bantuan alat kawat stainless steel. Kawat ini dapat dengan mudah dibentuk sesuai dengan pola yang Anda inginkan. Caranya adalah dengan menahan pergerakkan tumbuhan pohon dan mengarahkannya pada bentuk yang dirancang. Kawat ini akan dipasangkan pada tanaman bonsai beringin selama kurun waktu tertentu, sampai tanaman terlihat mulai mengikuti pola. Pemasangan kawat biasanya dilakukan dengan cara melilitkan kawat secara memutar, mulai dari bagian pangkal dahan hingga pada bagian ujung dahan. 

5. Merawat Bakalan Bonsai

Ketika bibit sudah ditanam, akan membutuhkan beberapa waktu supaya bakalan bonsai beradaptasi dengan media tanam baru. Waktu yang dibutuhkan ini dapat berlangsung selama 2 hingga 3 minggu lamanya. Pada proses adaptasi tanaman bonsai beringin ini, Anda tidak perlu memberikan pupuk di dalamnya. Hal ini dilakukan supaya akar tanaman dapat melakukan proses adaptasi dengan baik.



6. Memberikan Pupuk Bonsai

Proses terakhir yang perlu Anda lakukan adalah dengan memberikan pupuk pada tanaman bonsai. Pemberian pupuk ini merupakan salah satu bentuk perawatan tanaman yang cukup penting. Namun pada tanaman bonsai, pemberian pupuk yang diberikan harus disesuaikan. Jenis pupuk yang biasa digunakan adalah pupuk nitrogen, fosfor serta potassium. Ketiga pupuk ini sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang tanaman bonsai beringin milik Anda. (Sumber: https://rumahlia.com).

------

Mencari pembantu dan baby sitter sudah bisa online. Klik Pembantu.com.

♣ Keamanan Prioritas Kami