Tips dan Artikel

 
Jan

17

2019

3 Cara Tepat Membersihkan Furniture Rotan

2019-01-17 00:00:00 Diterbitkan oleh: ria ery


Gimana cara nya tepat membersihkan furniture rotan? Jika Anda memiliki furniture rotan atau anyaman resiko yang cukup harus di perhatikan dengan baik, karena jika kurang tepat membersihkannya makan furniture rotan akan terkelupas. Jika Anda memiliki kesulitan membersihkan rotan dengan bentuk yang memiliki celah-celah yang sempit tempat debu bersembunyi, tapi jangan alasan karena itu Anda tidak membersihkan furniture rotan. Sebelum Anda membersihkannya harus mengetahui jenis yang seperti apa bahan rotan yang Anda miliki, mungkin rotan yang sintetis atau rotan dari bahan yang asli. Karena dua-duanya memiliki tanganan yang berbeda untuk rotan sitentis lebih kuar dari pada rotan aslinya. Tapi Anda tidak perlu khawatir soal membersihkan rotan karena untuk membersihkannya mudah dan nyaman.

Yang tepat membersihkan bahan rotan Anda bisa mengumpulkan terlebih dahulu bahan-bahannya yaitu gunakan larutan deterjen, gunakan peyedot debu lalu proses pengeringan. Jika ada bagian-bagian dari rotan atau anyaman yang terurai jangan pernah Anda tarik, karena dengan menariknya furniture kita akan menjadi rusak karena bagian itu tidak akan putus dan malah akan semakin besar. Untuk pengeringan furniture rotan bisa Anda gunakan kipas angin, hair dryer atau langsung di jemur di bawah sinar matahari.

3 tips membersihkan furniture rotan, sebagai berikut.

1. Gunakan Larutan Deterjen

Cara termudah untuk membersihkan furnitur dari rotan sintetis adalah dengan menyemprotnya dengan air dan membersihkan noda menggunakan sikat berbulu halus yang sudah dibasuh dengan air deterjen. Namun, hal ini tak berlaku pada rotan alami. Hindari pemakaian air saat membersihkan rotan alami., sebab kondisi rotan yang lembab dapat menimbulkan jamur dan lumut pada permukaannya. Maka untuk membersihkannya, sebaiknya gunakan lap basah yang sudah dibasuh dengan larutan deterjen untuk menghilangkan debu dan noda yang menempel.

2. Proses Pengeringan

Setelah dibersihkan, pastikan rotan benar-benar dalam keadaan kering saat digunakan kembali. Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari atau menggunakan hairdryer. Namun opsi terakhir tak dianjurkan pada rotan jenis sintetis untuk menghindari rotan meleleh akibat radiasi panas dari hairdryer.



3. Gunakan Penyedot Debu


Anda bisa menggunakan mesin penyedot debu (vacuum cleaner) atau sikat gigi berbulu halus untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di celah-celah anyaman rotan. Bersihkan furnitur minimal sebulan sekali untuk menghindari kotoran yang menumpuk, namun jika pada furnitur rotan yang diletakkan di luar (outdoor), sebaiknya bersihkan dua minggu sekali demi menjaga kualitas rotan. Sumber: (http://majalahasri.com).

------

Mencari pembantu dan baby sitter sudah bisa online. Klik Pembantu.com.

♣ Keamanan Prioritas Kami