Tips dan Artikel

 
May

15

2020

9 Trik Membersihkan Rumah untuk Si Penyayang Binatang

2020-05-15 05:47:42 Diterbitkan oleh: yasinta yasinta


Berikut 9 trik membersihkan rumah untuk si penyayang binatang:

1. Gunakan Peralatan Membersihkan Rumah yang Tepat

Peralatan membersihkan rumah standar sudah cukup untuk membantumu, pada dasarnya membersihkan rumah nggak perlu berbagai macam peralatan kok. Tapi untuk kamu yang memiliki teman berbulu di rumahnya, kamu wajib menggunakan peralatan tambahan saat membersihkan rumah. Kenapa? Membersihkan rumah dari bulu nggak semudah yang kamu kira loh. Pembersih bulu dapat membantu meringankan pekerjaanmu karena sapu biasa tidak dapat menolong aktivitas membersihkan rumah, karena itulah pembersih bulu diperlukan. Selain pembersih bulu, cara paling efektif lainnya untuk membersihkan rumah untuk para penyayang hewan adalah dengan vacuum cleaner. Mesin penyedot debu dapat membantu membersihkan rumah dari bulu-bulu halus yang nggak terjangkau oleh sapu biasa.

2. Membersihkan Rumah Dimulai dari Hewan Peliharaan yang Bersih

Mulai membersihkan rumah kesayanganmu dengan menjaga kebersihan hewan peliharaan. Walaupun teman kecilmu itu mungkin terlihat bersih, mereka belum bersih sepenuhnya. Kamu akan mulai melihat perbedaannya ketika kamu rajin memandikan mereka. Bukan hanya bulu-bulu yang rontok saja, kebiasaan mereka yang suka mengeluskan diri pada sofa dan furnitur lain di rumah dapat membuat furnitur terlihat kotor loh. Gunakan tekstil dapur yang lembut untuk membersihkan furniture kayu seperti kaki meja atau kursi.

3. Buat Spot Spesial Hewan Peliharaan untuk Permudah Membersihkan Rumah

Ketika teman kecilmu sering terlihat beristirahat di satu sudut rumahmu, bisa jadi itu merupakan spot ternyaman mereka. Letakkan handuk khusus tidak terpakai di titik tersebut dan buatlah itu menjadi spot spesial untuk mereka. Hal ini dapat membuat hewan peliharaanmu akan lebih banyak beraktivitas di sekitar spot tersebut. Alhasil, membersihkan rumah menjadi sedikit lebih mudah, kamu cukup membersihkan rumah dengan lebih teliti di spot khusus hewan kesayanganmu.

4. Rajin Sikat Bulu Hewan Peliharaan Bisa Membantu dalam Membersihkan Rumah

Kalau kamu kesulitan membersihkan rumah karena banyaknya bulu hewan peliharaanmu yang rontok, ada cara mudah untuk mengatasinya: rajin menyikat bulunya. Rutinlah menyikati bulu hewan peliharaanmu, sebisa mungkin di area luar rumah. Dengan begitu kamu dapat menjaga kebersihan rumahmu agar tidak terlalu berantakan oleh bulu yang rontok. Membersihkan rumah pun bisa menjadi lebih ringan.

5. Membersihkan Rumah dari Bau Tidak Sedap

Membersihkan rumah dengan hewan peliharaan bisa menjadi sedikit tricky tanpa perencanaan yang tepat loh. Bisa-bisa kegiatan membersihkan rumah jadi nggak maksimal, bukannya wangi rumah malah semakin bau. Tahu nggak kalau baking soda bisa membantu? Berikan baking soda pada bagian furniturmu yang mengandung busa, seperti bantal dekorasi favoritmu di ruang tamu, sofa kesayangan yang selalu menemanimu saat lelah, sampai ke karpet lembut yang kamu pakai sehari-hari. Kamu juga bisa memberikan baking soda di sekitar toilet hewan peliharaanmu untuk mengurangi bau di udara. Tambahkan wewangian aromaterapi agar rumah jadi lebih harum.

6. Jaga Kebersihan Tempat Makan Hewan Peliharaanmu

Titik tempat makan teman kecilmu ini lebih banyak tidak terlihat dan cenderung diabaikan ketika kita sedang membersihkan rumah. Padahal, sebenarnya area ini memerlukan perhatianmu juga loh. Jangan lupa membersihkan tempat makan mereka ya ketika kamu membersihkan rumah. Cuci piring makannya dengan sabun dan sapu sekitar tempatnya makan agar tidak ada serangga yang datang. Salah satu ciri rumah sehat adalah ruangan yang bersih dari sisa-sisa makanan dan serangga mengganggu loh.

7. Membersihkan Rumah Sampai ke Pakaianmu

Percaya tidak percaya, bulu-bulu teman kecilmu itu mampu berada di seluruh sudut rumah. Bahkan di area yang tidak terlihat sekalipun. Itu artinya, kamu harus betul-betul teliti dalam membersihkan rumah. Membersihkan rumah dengan tidak teliti bisa berdapak buruk bagi kesehatan loh. Apalagi secara nggak sadar menghirup bulu binatang. Beberapa area seperti di sofa, bantal sofa, bantal kepala, dan di tempat-tempat yang sering dilalui hewan peliharaanmu pun pasti bisa ditemukan banyak bulu. Karena itu, jangan lupa untuk membersihkan barang-barangmu juga secara rutin.

8. Rumah yang Bersih dengan Telapak Hewan Peliharaan yang Bersih

Berbeda dengan kamu yang menggunakan alas kaki, kaki mereka melakukan kontak langsung dengan jalanan. Hal itu bisa saja membawa kuman sekaligus kotoran yang dapat membuat rumah menjadi kotor. Bukan cuma nggak sehat, ini bisa jadi tugas ekstra dalam membersihkan rumah. Jangan lupa bersihkan kaki mereka dengan lap kecil atau handuk muka sebelum masuk ke rumah.



9. Membersihkan dengan produk enzim

Produk enzim mudah digunakan untuk membersihkan bercak noda atau bau yang ditinggalkan oleh hewan peliharaanmu. Cukup semprotkan produk ini pada noda. Produk ini mengandung bakteri aman yang 'memakan' organik penyebab bau ruangan. Keseluruhan proses ini dapat memakan waktu beberapa jam sampai beberapa hari lamanya. Beberapa merek produk merekomendasikan untuk menutupi area dengan plastik atau kain basah demi menjaga bakteri tetap lembap dan sehat. (Sumber: https://www.dekoruma.com)

------

Mencari pembantu dan baby sitter sudah bisa online. Klik Pembantu.com.

♣ Keamanan Prioritas Kami