Tips dan Artikel

 
Apr

09

2018

5 Tips Membuat Air Mancur di Rumah

2018-04-09 08:44:27 Diterbitkan oleh: Shafira Ainul R



Berikut ini merupakan 5 tips untuk membuat air mancur di rumah.

1. Model

Secara umum, model air mancur dibagi menjadi 2, yakni yang membutuhkan kolam untuk menampung air dan yang tidak. Jika di rumah halaman belakang tidak memiliki cukup ruangan untuk tipe seperti itu, beli saja air mancur yang langsung ada wadah penampung airnya. Praktis dan tetap cantik. Model air mancur juga terdiri atas beragam bentuk. Ada bentuk manusia, binatang, susunan batuan, peri, maupun kendi bersusun, dan model bentuk lainnya. Anda bisa pilih mana yang sesuai dengan konsep rumah.

2. Daya listrik

Perhatikan berapa daya listrik di rumah sebelum menentukan jenis air mancur yang akan dibeli. Air terjun berukuran kecil biasanya membutuhkan daya maksimal 100 watt, sedangkan yang berukuran besar membutuhkan 200—400 watt. Pastikan listrik di rumah mencukupi.

3. Material

Untuk menampilkan kesan lebih ceria dan awet, pilihlah air mancur dari bahan beton. Jangan memilih bahan logam untuk air mancur outdoor karena akan mudah rusak. Bahan beton dan tanah liat lebih awet dan mudah dilapisi dengan cat. Bisa juga dengan bahan batu-batu alam. Untuk bahan batu alam, warna gelap akan menampilkan kesan yang lebih natural.

4. Letak dan arah air

Air mancur tampak lebih cantik jika diletakkan di sudut halaman, menghadap ke dalam ruangan, sehingga bisa terlihat cantik dari dalam rumah. Arah air sebaiknya tidak mengotori rumah. Caranya, dengan meletakkan air mancur di sudut, lalu terdapat tumbuhan seperti rumput di halaman yang membatasi air mancur dengan zona rumah. Bisa juga dengan memilih model yang aliran airnya tidak terlalu deras, atau mengatur kecepatan airnya.



5. Penggunaan pompa, filter dan lampu

Pompa dipilih sesuai ketersediaan air. Jika air bisa diperoleh dari air tanah yang tidak terlalu dalam, gunakan saja pompa air biasa. Tapi jika air tanah terletak sangat dalam, bisa gunakan jet pump. Filter digunakan untuk menyaring air sehingga air tetap jernih. Sementara, lampu merupakan komponen penting untuk mengekspos keindahan air mancur di rumah saat malam hari. (Sumber: media.rooang.com)

Tips dan Artikel Lainnya

------

Mencari pembantu dan baby sitter? Klik saja Pembantu.com.