Tips dan Artikel

 
Apr

10

2018

5 Tips Membuat Pondasi Pagar Rumah Sederhana Tetap Kokoh

2018-04-10 04:04:55 Diterbitkan oleh: Shafira Ainul R



Berikut ini adalah 5 tips membuat pondasi pagar rumah sederhana dan tetap kokok.

1. Menggali tanah

Biasanya pondasi dibuat dari dalam tanah. Hal tersebut dilakukan agar pondasi semakin kokoh karena tertimbun di dalam tanah yang membuatnya seperti akar. Walaupun sebenarnya pondasi juga bisa dilakukan di atas tanah tanpa harus menggalinya.

2. Mempersiapkan bahan dan alat

Untuk membuat pondasi pagar, Anda perlu mempersiapkan beberapa peralatan seperti sekop, sendok semen, pacul/cangkul, dan kayu balok. Kemudian bahan-bahan yang Anda perlu siapkan antara lain semen, air, kerikil, dan batu bata.

3. Memasang papan pondasi

Papan pondasi bisa juga diganti dengan balok kayu. Intinya, papan pondasi ini adalah agar menjaga kelebaran dan kelurusan pondasi yang akan dibuat. Hal ini tentu akan memudahkan Anda saat menyemen atau memasukkan batu kerikil dan batu bata.

4. Membuat pondasi

Setelah menggali tanah dan mempersiapkan bahan, buatlah pondasi dengan mula-mula mencampurkan semen dan kerikil ke dalam tanah yang telah digali. Setelah itu diatas tanah barulah menyemen dengan lapisan batu bata dan juga balok kayu atau papan sebagai penopang agar semen pondasi yang telah kita buat menjadi rata, lurus, dan kokoh.



5. Biarkan mengering

Setelah pondasi selesai dibuat dan semen sudah dituang dan bahan lain dituang, maka biarkanlah mengering. Proses pengeringan ini sendiri akan membutuhkan waktu kurang lebih satu hari penuh. Setelah itu lepaskan papan-papan yang menopangnya lalu biarkan pondasi tersebut mengering secara normal. Jangan lupa menutup pondasi menggunakan plastik, agar saat hujan tidak menyebabkan pondasi berlubang-lubang. (Sumber: www.cararumahmurah.com)

------

Mencari pembantu dan baby sitter sudah bisa online. Klik Pembantu.com.

Keamanan Prioritas Kami