Tips dan Artikel

 
Mar

13

2018

5 Tips Membuat Taman Rumah Jadi Ramah untuk Anak

2018-03-13 02:43:22 Diterbitkan oleh: Ria Afryani



Agar si kecil dapat bermain dengan aman, lakukan tips ini pada halaman rumah Anda.

1. Gunakan rumput yang tebal

Mulai dari penanaman rumput. Pilihlah rumput gajah mini yang bertekstur halus namun tebal. Hindari pemakaian rumput jarum.

Rumput ini berguna agar saat anak bermain di halaman sambil bertelanjang kaki, kulitnya tak langsung bergesekan dengan tanah yang berisiko membuat kulitnya tergores dan luka.

2. Pilih stepping stone (batu untuk jalan setapak) yang rata

Agar lebih mudah berjalan di sekitar taman, orang-orang menempatkan stepping stone atau jalan setapak di taman. Biasanya menggunakan batu-batu alam agar terlihat alami. Pilih permukaan stepping stone yang rata agar anak-anak, khususnya yang masih berusia di bawah lima tahun atau masih belum bisa menjaga keseimbangan dengan baik, tidak terjatuh atau tersandung.

3. Pot gantung lebih aman

Jika Anda cinta tanaman, untuk sementara hindari menanam tanaman dalam pot yang diletakkan di lantai. Anak akan mudah untuk menarik dan mencabut tanaman jika letaknya di bawah.

Selain itu, akar tanaman di dalam pot cenderung lebih lemah dibandingkan tanaman yang ditanam di halaman. Tak mau, kan, anak menjadi malah bermain tanah, jadi gantunglah pot-pot tanaman Anda atau tanam langsung di tanah agar susah digapainya.

4. Hindari tanaman yang rimbun

Atur jarak antartanaman, tanaman yang terlalu dekat seakan memberikan kesempatan bagi laba-laba untuk membangun sarangnya. Bila anak mendekati tanaman ini sangat dekat, gangguan alergi seperti gatal-gatal pada kulit akan mudah menyerangnya. 


5. Ada batas kolam

Bila Anda memiliki kolam ikan atau kolam renang, buatlah pagar pembatas sehingga anak Anda tak bisa langsung menceburkan diri ke dalam kolam. Dan, langsung keringkan pinggiran kolam jika terdapat genangan air untuk mencegah anak terpeleset saat melewatinya. Sumber: Properti.liputan6.com

------

Banyak stok pembantu dan baby sitter yang bisa dipilih di Pembantu.com.

♣ 5 Alasan Memakai Pembantu.com