Tips dan Artikel

 
Mar

23

2018

5 Tips Rumah Tetap Nyaman di Musim Hujan

2018-03-23 07:20:50 Diterbitkan oleh: Shafira Ainul R



Berikut inni merupakan 5 tips yang bisa Anda lakukan supaya rumah tetap nyaman di musim hujan.

1. Periksa kondisi atap rumah

Cek apakah pada atap rumah terdapat retakan atau sambungan antara genteng ada yang lepas. Bila ada retakan, Anda bisa memberikan waterproof untuk menutup semua retakan yang ada. Bila ada sambungan genteng atau asbes yang lepas, Anda tinggal menyusun kembali sambungan tersebut agar air hujan tidak bisa masuk dari sela-sela sambungan yang lepas. Sebaiknya pengecekan atap rumah di lakukan dua sampai tiga bulan sekali, untuk mengantisipasi terjadinya hujan sewaktu-waktu.

2. Memeriksa bagian plafon rumah

Bila plafon rumah Anda terbuat dari beton periksa apakah ada rembesan yang berasal dari atap rumah. Hindari genangan air yang ada pada dak atas, agar air tidak bisa rembes menuju plafon. Bila plafon rumah Anda terbuat dari triplek atau gypsum cek apakah ada tanda bekas air yang terlihat pada plafon. Segera perbaiki atau ganti plafon rumah bila ada kerusakan.

3. Perhatikan sudut kemiringan genteng untuk memaksimalkan kemampuan genteng dalam menghadang air hujan

Pada genteng keramik sudut kemiringan yang dibutuhkan adalah sekitar 30 derajat, sedangkan untuk atap asbes butuh sekitar 15 derajat. Jika sudut kemiringan genteng tidak diperhatikan dengan baik, maka air hujan yang di sertai angin bisa masuk melalui celah genteng.

4. Perhatikan teras rumah

Untuk melindungi teras rumah dari guyuran hujan. Anda dapat menambahkan kanopi dengan ukuran satu meter atau lebih pada teras rumah. Selain cara ini dapat menghindari air hujan masuk kedalam rumah, ini juga bisa juga melindungi lantai teras dan cat dinding rumah dari tampias air hujan dan angin.



5. Periksa saluran pembuangan air dari atap rumah

Apakah ada sampah atau dedaunan kering yang menyumbat saluran air. Bila saluran pembuangan air tersumbat, hal ini akan membuat genangan air pada dak rumah yang bisa membuat air luber dan bocor masuk kedalam rumah. Sama dengan mengecek atap rumah, pemeriksaan ini sebaiknya di lakukan dua sampai tiga bulan sekali. (sumber: https://accsoleh.wordpress.com/)

------

Banyak stok pembantu dan baby sitter yang bisa dipilih di Pembantu.com.

5 Alasan Memakai Pembantu.com