Daftar Istilah

English

Berikut beberapa istilah penting di situs ini beserta definisinya.

Profesi

PRT
 adalah singkatan dari pembantu rumah tangga. Tugas utamanya merapikan dan membersihkan rumah. PRT serabutan juga menjaga anak dan memasak.

Baby Sitter adalah penjaga bayi berusia 0 sampai 2 tahun. Tidak semua baby sitter bisa merawat bayi baru lahir (newborn). Untuk menemukan yang bisa melakukan tugas itu, lihat keterampilan di profilnya.

Nanny adalah pengasuh anak berusia 2 sampai 5 tahun. Walaupun ada yang menyamakannya dengan baby sitter (penjaga bayi), untuk keperluan situs ini istilah nanny dimaksudkan sebagai pengasuh balita.

Perawat Lansia adalah pekerja rumah tangga dengan keterampilan merawat orang berusia lanjut, baik yang sehat maupun sakit. Mereka tidak memiliki kualifikasi medis sebagai perawat dan tidak bertindak sebagai perawat medis, walaupun ada juga yang memilikinya.

Tukang Kebun adalah orang yang mengurus taman dan bagian luar rumah, termasuk merawat hewan-hewan peliharaan. Mereka mencuci mobil, memotong rumput, dan membantu tugas-tugas serabutan, seperti berbelanja. 

Sopir adalah pengendara mobil dengan surat izin mengemudi (SIM) yang sesuai. Sopir yang kami tawarkan adalah permanen atau infal, bukan harian atau jaman.

Juru Masak adalah pekerja rumah tangga dengan tugas utama menyiapkan hidangan atau mengolah makanan. Selain melakukan tugas utamanya, juru masak juga bisa merangkap PRT asalkan lingkup pekerjaannya disepakati bersama di awal penempatan.

Satpam atau security adalah petugas keamanan yang terlatih untuk menjaga rumah, rukan  (rumah kantor), dan lingkungan. Walaupun terlatih, tidak semua satpam memiliki sertifikat.

Governess adalah pengasuh anak usia dini dengan tugas pokok mendidik, misalnya mengajarkan tari, Bahasa Inggris, dan baca tulis hitung (calistung). Berbeda dengan nanny, governess tidak fokus pada fisik tetapi pada pendidikan anak.

Pengasuh Autis adalah pengasuh anak atau remaja berkebutuhan khusus, baik karena keterbatasan fisik maupun psikologis. Mereka merangkap tugas nanny.

Pet Caretaker adalah pembantu rumah tangga dengan tugas pokok merawat hewan piaraan seperti anjing, kucing, burung, dan kelinci. Pet Caretaker bukan pekerja untuk peternakan.

Karyawan Toko umumnya terdiri dari SPG (sales promotion girls) dan SPM (sales promotion men), tetapi kadang juga kasir atau juru gudang. Lihat keterangan di profil untuk profesi terperinci.

Lainnya adalah profesi yang tidak memenuhi kelompok manapun di atas. Mereka meliputi petugas cleaning service, office boy, kurir, asisten salon, dan sebagainya.

Kategori

Sudah Tersedia adalah semua pekerja non-infal yang siap ditempatkan dalam waktu 1x24 jam.

Segera Tersedia adalah semua pekerja non-infal yang siap ditempatkan setelah 1x24 jam.

Tenaga Infal adalah nama lain dari pekerja pengganti (inval). Mereka menggantikan pekerja permanen, biasanya di akhir tahun atau musim lebaran.

Data Profil

Biaya Administrasi adalah biaya yang dikenakan penyalur untuk pengambilan pekerja (agency fee). Biaya ini dikenakan sekali saat pengambilan pekerja dan umumnya tidak dapat diklaim kembali (non-refundable).

Masa Garansi adalah periode di mana majikan menikmati jaminan penyalur bahwa pekerja yang direkrutnya tersedia atau memenuhi kebutuhannya. Bilamana pekerja tersebut sakit, mengundurkan diri, atau tidak mampu memenuhi kebutuhan majikan, maka majikan bisa menukarnya dengan pekerja lain dari penyalur yang sama. Masa garansi dan syarat-syarat penggantian diatur dalam kontrak tertulis.

Berkelakuan Baik = membawa Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku, yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak pernah terlibat tindakan kriminal atau kejahatan.

Berbadan Sehat = membawa surat keterangan dari dokter yang menyatakan bahwa pekerja bersangkutan sehat jiwa dan raganya.

Perlu Surat Polisi = tidak membawa SKCK seperti dimaksud di atas.

Perlu Surat Dokter = tidak membawa surat keterangan dokter seperti dimaksud di atas.

Tanpa/Tersedia Referensi = tidak/adanya rekomendasi dari majikan sebelumnya, baik tertulis maupun tidak. Misalnya, referensi bisa disediakan secara lisan via telepon.

Produk Kami

Layanan Escrow, InstantReplace™ dan Direct Hiring adalah nama beberapa produk kami. Untuk pengertian selengkapnya, lihat halaman Produk Kami.

Ke Beranda | Tanya Jawab