Tips Bertransaksi Aman

English

tips amanPembantu.com sudah memverifikasi identitas dan alamat semua penyalur anggota (yang beriklan di situs ini). Tetapi hal itu bukan jaminan transaksi Anda dengan mereka, terlebih dengan non-anggota, bebas resiko. Berikut beberapa tips bertransaksi aman di Pembantu.com.

1. Hindari penyalur non-anggota

Bila Anda bertransaksi dengan penyalur non-anggota, Anda perlu benar-benar mengetahui reputasi penyalur tersebut. Sebaliknya, kami memantau reputasi anggota kami. Bila ada yang nakal, mereka akan kami bina dan kalau perlu kami usir dari Pembantu.com.

2. Wawancarai pekerja

Wawancarai calon pekerja sebelum bertransaksi, baik langsung atau via telepon. Tanyakan pengalaman mereka dengan terperinci agar Anda tahu betul bahwa calon pekerja mampu melayani kebutuhan Anda. Anda juga perlu menceritakan kondisi rumah Anda dan tugas-tugasnya agar yang bersangkutan tidak kaget setelah masuk kerja. Jangan merekrut pekerja sebelum mewawancarainya.

3. Gunakan layanan Escrow

Kami sarankan Anda bertemu langsung dengan penyalur bila bertransaksi. Tetapi apabila karena satu dan lain hal Anda tidak bisa bertemu penyalur dan harus bertransaksi jarak jauh, gunakan layanan Rekening Bersama (Escrow) untuk keamanan. Dengan layanan ini, majikan dan penyalur sepakat menggunakan rekening tampungan milik Pembantu.com selama transaksi berlangsung.

4. Minta perjanjian tertulis

Mintalah perjanjian tertulis antara Anda dan penyalur (dan antara Anda dan pekerja) agar hak-hak Anda terlindungi dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Perjanjian lisan tidak memadai karena kesepakatan mudah dirujuk kembali hanya kalau ditulis.

5. Periksa kesehatan pekerja

Bila yang bersangkutan sudah mendapat surat keterangan sehat dari dokter, ada tulisan "Berbadan Sehat" di profilnya. Namun tidak semua pekerja sempat memeriksakan kesehatannya sebelum melamar. Bagi yang belum ada suratnya, sebaiknya Anda melakukannya sendiri atau meminta yang bersangkutan ke dokter terlebih dahulu. Lihat tips merekrut di tengah pandemi COVID-19 di sini.

Kembali ke Beranda