Tips Bertransaksi Aman

tips amanKami sudah memverifikasi alamat semua penyalur anggota (yang beriklan di situs ini). Tetapi hal itu bukan jaminan transaksi Anda dengan mereka, terlebih dengan non-anggota, bebas resiko. Berikut tips bertransaksi aman di Pembantu.com.

1. Cek reputasi penyalur non-anggota

Bila Anda bertransaksi dengan penyalur non-anggota, cek reputasi penyalur tersebut dan usahakan bertemu langsung di kantornya. Salah satu ciri penyalur bereputasi adalah kondisi kantornya yang rapi dan memadai. Anda juga bisa mengecek izin-izin yang biasanya dipajang di ruang resepsionis.

2. Wawancarai pekerja

Wawancarai calon pekerja sebelum bertransaksi, baik langsung atau via telepon. Tanyakan pengalaman mereka dengan terperinci agar Anda tahu betul bahwa calon pekerja mampu melayani kebutuhan Anda. Anda juga perlu menceritakan kondisi rumah Anda dan tugas-tugasnya agar yang bersangkutan tidak kaget setelah masuk kerja. Jangan merekrut pekerja sebelum mewawancarainya.

3. Gunakan layanan Escrow

Kami sarankan Anda bertemu langsung dengan penyalur bila bertransaksi. Tetapi apabila karena satu dan lain hal Anda tidak bisa bertemu penyalur dan harus bertransaksi jarak jauh, gunakan layanan Rekening Bersama (Escrow) untuk keamanan. Dengan layanan ini, majikan dan penyalur sepakat menggunakan rekening tampungan milik Pembantu.com selama transaksi berlangsung.

4. Minta perjanjian tertulis

Mintalah perjanjian tertulis antara Anda dan penyalur (dan antara Anda dan pekerja) agar hak-hak Anda terlindungi dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Perjanjian lisan tidak memadai karena kesepakatan mudah dirujuk kembali hanya kalau ditulis.

5. Gunakan InstantReplace

Bila dalam perjanjian Anda dengan penyalur terdapat garansi penukaran pekerja, maka Anda berhak mendapat pekerja pengganti bila ingin menukar pekerja dalam masa garansi. Dengan layanan InstantReplace, Anda bisa mendapat pekerja pengganti pada hari yang sama.

Kembali ke Beranda