Tanya Jawab Pelamar

Berikut hal-hal yang mungkin ingin Anda tanyakan sebelum mengirimkan lamaran.

Adakah lowongan kerja?

Tersedia lowongan kerja sebagai PRT, baby sitter, nanny, perawat lansia, tukang kebun, sopir, dan lainnya. Lihat gaji, lihat persyaratan, dan melamar di sini.

Apakah harus menginap?

Pekerja tidak harus menginap. Anda bisa memilih saat mengisi lamaran antara menginap dan pulang pergi.

Saya belum punya SKCK, bagaimana solusinya?

Kami sarankan Anda mengurusnya terlebih dahulu di kantor polisi sesuai domisili Anda. Bila kesulitan menyediakan SKCK, kami menerima opsi Anda menyediakan ijazah sekolah asli sebagai jaminan. Pastikan Anda bersedia menitipkan ijazah (asli, bukan foto kopi terlegalisir) pada majikan ketika Anda masuk kerja nanti. Kalau Anda punya SKCK, cukup perlihatkan dokumen itu kepada majikan (tidak dititipkan).

Apakah lowongan di sini aman?

Ya, aman. Kami memverifikasi identitas majikan untuk memastikan majikan Anda bisa dimintai pertanggungjawaban bila terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan. Nanti ketika kami sudah memberikan nama dan alamat majikan, pastikan Anda hanya masuk dan bekerja di alamat tersebut.

Berapa gajinya?

Gaji PRT pemula adalah Rp 1.700.000, yang berpengalaman berkisar Rp 2.000.000 per bulan. Gaji baby sitter pemula Rp 2.000.000, yang berpengalaman berkisar Rp 2.500.000 per bulan. Gaji perawat lansia pemula Rp 2.000.000, yang berpengalaman berkisar Rp 3.000.000 per bulan. Gaji sopir, tukang kebun, dan lain-lain bisa ditentukan sendiri oleh pelamar. Semua pelamar mendapat kesempatan untuk mengajukan jumlah gaji yang diinginkan.

Apakah ada potongan gaji?

Tidak ada potongan gaji sama sekali untuk lowongan dalam negeri. Tidak ada biaya administrasi, biaya seragam, atau biaya pendidikan. Sebaliknya, ada potongan gaji untuk lowongan luar negeri. Jumlahnya bervariasi menurut negara tujuan, yang akan disepakati sebelum pendidikan nanti.

Di mana lokasi yayasannya?

PT Nasco International yang bertindak sebagai penyalur berlokasi di Jalan Bulog 2 No. 3, Kelurahan Jatimelati, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Apakah saya tunggu di yayasan atau di rumah?

Pelamar menunggu di rumah. Bila ada majikan yang berminat, kami akan hubungkan Anda dan majikan tersebut via telepon untuk wawancara. Setelah kedua belah pihak bersepakat mengenai gaji, ruang lingkup pekerjaan dan sebagainya, Anda diminta untuk datang langsung ke rumah majikan.

Di mana lokasi kerjanya?

Anda bisa memilih sendiri di kota mana mau ditempatkan, di seluruh Indonesia. Ongkos transportasi dari rumah Anda ke tempat majikan ditanggung sendiri (tidak disediakan.) Lowongan luar negeri saat ini ada di Taiwan, Hong Kong, Singapura, dan Malaysia.

Ke mana saya kirimkan lamaran?

Lamaran bisa diisi online, tidak perlu dikirim secara fisik. Isi lamaran di sini.

Apakah saya disalurkan oleh perusahaan resmi?

Ya, Anda disalurkan oleh perusahaan resmi. PT Nasco International memiliki Surat Izin Usaha dan Tanda Daftar Perusahaan yang dikeluarkan pemerintah Kota Bekasi. Kami bekerja sama dengan Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) resmi untuk penyaluran ke luar negeri.

Apakah saya dididik sebelum kerja?

Untuk lowongan domestik, tidak ada pelatihan sebelum kerja. Kami akan meminta majikan untuk memberikan Anda pelatihan sebelum mulai kerja bila Anda belum berpengalaman. Untuk yang sudah berpengalaman, Anda bisa langsung bekerja. Untuk lowongan luar negeri, Anda akan menjalani masa pendidikan selama lebih kurang 1 bulan di Jakarta.

Berapa lama saya menunggu panggilan kerja?

Tidak ada batasan waktu menunggu, tetapi biasanya berkisar 2 (dua) minggu setelah lamaran Anda lengkap.

Mengapa perlu jaminan ijazah?

Jaminan ijazah asli hanya diperlukan kalau Anda tidak menyanggupi untuk mengurus SKCK (surat keterangan catatan kepolisian), misalnya karena domisili KTP Anda jauh sekali. Kalau ada SKCK, jaminan ijazah tidak diperlukan. Jaminan tersebut akan dikembalikan kalau Anda sudah selesaikan kontrak kerja.

Kalau tidak punya KTP asli, apakah saya bisa bergabung?

Mohon maaf, kami tidak dapat menyalurkan pekerja yang tidak memiliki KTP elektronik (e-KTP) asli. Kartu keluarga, ijazah, foto kopi e-KTP atau KTP non-elektronik tidak sama kedudukannya dengan e-KTP asli, jadi tidak bisa juga kami terima. Bila e-KTP asli Anda sudah hilang, uruslah terlebih dahulu. Surat keterangan KTP dari Kantor Catatan Sipil (versi asli) dapat kami terima.

Umur saya 16 tahun, apakah bisa melamar?

Maaf, usia minimal pelamar adalah 18 tahun untuk memenuhi ketentuan undang-undang. Usia di bawah umur belum boleh melamar menjadi tenaga kerja.

Umur saya 50 tahun, apakah bisa melamar?

Maaf, usia maksimal pelamar yang bisa kami proses adalah 40 tahun. Untuk yang berusia lebih tua, Anda bisa mencoba melamar di tempat lain dan mereka akan memproses lamaran Anda dengan senang hati.

Ada nomor WA?

Ya, ada. Nomor WA (WhatsApp) tersedia otomatis setelah Anda mengisi formulir lamaran.

Pertanyaan Lain

Untuk pertanyaan lainnya yang tidak dicantumkan di atas, silakan hubungi kami via telepon di 021 2867-1066 pada jam kerja.

Peluang untuk Penyalur

Pembantu.com adalah portal, bukan lembaga penyalur tenaga kerja. Penyalur yang ingin bergabung sebagai perekrut dapat membaca informasi selengkapnya di sini.